Ratusan Warga Bersih Pantai Dan Transplantasi Terumbu Karang di Perairan Jikumerasa

by
Sejumlah pimpinan OPD Pemkab Buru dan warga melakukan transplantasi terumbu karang di Pantai Wisata Jikumerasa Kabupaten Buru, Senin (14/10/2019). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)
TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Ratusan warga melakukan transplantasi terumbu karang di perairan Pantai Wisata Jikumerasa Kabupaten Buru pada Senin (14/10/2019).
Selain transplantasi terumbu karang, warga yang terdiri dari aparat sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Buru, apart TNI/Polri, siswa SMP serta komunitas pariwisata membersihkan sampah di kawasan Pantai Jikumerasa. Kegiatan ini merupakan rangkaian Festival Pesona Bupolo 4 Tahun 2019 yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Buru.
Warga dan ASN membersihkan Pantai Wisata Jikumerasa
Sebelum dibenamkan ke laut, ratusan orang terdiri dari pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Buru, ASN, komunitas pariwisata dan para siswa mengingat terumbu karang anakan di media transplantasi di Pantai Jikumeras. Ada ratusan terumbu karang anakan yang diikat pada puluhan media transplantasi. Setelah itu, puluhan penyelaman membawa karang yang ditransplantasi dibenamkan di laut Pantai Jikumerasa.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru, Istanto Setyahadi yang memimpin transplantasi terumbu karang ini mengungkapkan kegiatan ini merupakan upaya pihaknya merehabiliasi terumbu karang di Pantai Jikumerasa. “Transplantasi terumbu karang ini bertujuan untuk merehabiitasi terumbu karang yang rusak dan upaya pelestarian ekosistem terumbu karang di Perairan Jikumerasa ini,” kata Istanto.
Istanto mengatakan pemanfaatan transplantasi terumbu karang ini yakni untuk mengembalikan fungsi ekosistem karang yang rusak sehingga dapat mendukung ketersediaan jumlah populasi ikan karang di alam. “Transplantasi karang juga dimanfaatkan untuk membuat lokasi penyelaman (dive spot) menjadi lebih indah dan menarik sehingga dapat mendorong kenaikan jumlah wisatawan,” jelas Istanto.
 
Sementara itu, selain transplantasi terumbu karang, ratusan warga juga membersihkan sampah di sepanjang Pantai Wisata Jikumerasa. Untuk menarik perhatian warga, panitia juga memberikan berbagai hadiah kepada warga yang banyak mengumpulkan sampah plastik. 
Jikumerasa merupakan pantai wisata terbaik di Pulau Buru, dan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan. (ILA)    
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *