Ratusan Warga Dusun Wainuru Korban Gempa Butuh Pelayanan Kesehatan Dan Air Bersih

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ratusan warga Dusun Wainuru Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) hingga kini masih menempati tempat pengungsian. Rumah mereka hancur akibat gempa 6,5 magnetudo pada Kamis (26/10/2019). Warga juga mengungungsi  karena trauma yang dialami akibat gempa.

Hingga kini warga korban gempa mengaku masih kekurangan fasilitas pelayanan kesehatan dari pemerintah daerah, karena tidak adanya Posko kesehatan di daerah tersebut.

“Kita kekurangan pelayanan kesehatan, kemarin saja ada yang baru melahirkan hanya dibantu dengan tenaga seadanya,” kata Kepala Dusun Wainuru Janu kepada Terasmaluku.com di lokasi pengungsian, Sabtu (12/10/2019).

Janu mengaku, saat ini warga di desanya telah terserang penyakit mulai dari gatal-gatal hingga berbagai penyakit lainnya. Olehnya itu posko pelayanan kesehatan sangat penting untuk ada.”Kita harap pemerintah dapat membuat posko kesehatan untuk warga di sini,” ujarnya.

Selain tenaga kesehatan, kata Janu, mereka juga sangat membutuhkan air bersih. Karena saat ini warga hanya bertahan dengan sumber mata air dari dalam batu karang yang semakin hari terus menipis.

Apalagi pengaruh gempa sumber mata air di desa tersebut sedikit tertutup oleh batu yang longsor.”Mata air dari dalam batu, cuma karena pengaruh gempa itu mata airnya sedikit tertutup,” kata Janu.

Dia berharap, pemerintah daerah maupun kabupaten dapat memperhatikan kondisi yang terjadi di daerahnya seperti pelayanan kesehatan maupun air bersih.(Alfian Sanusi)