Ratusan Peserta Ramaikan Festival Budaya Islam Maluku  

by
Peserta Karnaval Hadrat dalam rangka Festival Budaya Islam Maluku yang digelar di Ambon, Senin (28/8) menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah. FOTO : REE (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ratusan peserta mengikuti Festival Budaya Islam Maluku yang digelar di Kota Ambon, Senin (28/8), menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, pada Jumat 1 September.

Festival ini dimulai dengan karnaval Budaya Islam dari Gedung Telkom kawasan Talake, melewati Jalan Sultan Babullah hingga finis di Pelataran  Masjid Raya Alfatah Ambon.

Di Pelataran Masjid Raya Alfatah Ambon, peserta menampilkan kebolehan mereka dalam berbagai tarian bernuansa Islam. Berbagai pagelaran dalam festival ini diantaranya, Festival Hadrat, pameran Fotografi Wajah Islam Maluku, Budaya Dabus serta Tari Samrah.

“Festival ini diikuti ratusan peserta  mulai anak-anak, remaja hingga orang dewasa dari berbagai Paguyuban Desa Muslim di Kota Ambon dan Maluku Tengah. Kegiatan ini  diselenggarakan menyambut Hari Raya Idul Adha, ”kata Ketua Panitia Festival Budaya Islam Maluku,  Natalia Wika.

Wika menyatakan, Potret Budaya Islam Maluku ditampilkan dengan warna berbeda, yang bertujuan membangkitkan kembali kecintaan generasi muda akan Budaya Islam yang hampir hilang seiring berkembangnya zaman.

Meski Kota Ambon diguyur hujan,  ratusan peserta tetap semangat menampilkan berbagai  atraksi seni Islam. Diantaranya, seni hadrat yang merupakan alkulturasi budaya Arab.  Hadrat sendiri merupakan kolaborasi antara gerakan tubuh, tabuhan rabana serta alunan Shalawat  Nabi Muhammad SAW.

Salah satu panitia penyelenggara, Iskandar Slamet mengungkapkan, antusias peserta dalam mengikuti Festival Budaya Islam ini, turut menjaga tradisi budaya khususnya Umat Muslim di Maluku.  Selain merawat tradisi budaya, kegiatan ini  sekaligus memahami warna keberagaman tradisi Muslim di Maluku.

“Sejauh ini banyak sekali anak muda yang mulai lupa dengan budaya Islam di Maluku, misalnya hadrat  sudah jarang sekali ditampilkan. Untuk itu kami melakukan kegiatan ini untuk mengenalkan lagi hadrat kepada generasi muda agar terus terjaga, ” ujarnya. (REE)