Ratusan Warga Soabali Korban Kebakaran Mengungsi di Tenda Darurat

by
Warga korban kebakaran mengungsi di tenda-tenda yang dibangun di jalan raya kawasan Soabali Ambon Selasa (25/10).

AMBON-Ratusan warga Soabali Kelurahan Silale Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, yang menjadi korban kebakaran diungsikan di tenda –tenda pengungsi yang dibangun Dinas Sosial Provinsi Maluku di jalan raya kawasan Soabali. Dinas Sosial Maluku menyebutkan akibat kebakaran yang terjadi Senin (24/10) itu, 50 unit rumah warga di dua RT ludes terbakar, dengan jumlah kepala keluarga (KK) 82 serta jumlah jiwa 305 orang.
“Pengungsi korban kebakaran berjumlah 305 jiwa, dengan 82 KK, sementara rumah yang terbakar berjumlah 50 unit. Untuk saat ini korban ditampung di tenda-tenda pengungsian. Ada juga yang tinggal di rumah kerabat mereka,” kata staf Dinas Sosial Maluku, Renhat Souhoka yang ditemui di lokasi kebakaran, Selasa (25/10) siang.
Ia menyatakan, Dinas Sosial Maluku membentuk posko tanggap darurat untuk membantu warga korban bencana kebakaran selama beberapa hari kedepan, terutama bantuan bahan makanan, minuman serta kebutuhan pokok lainnya bagi pengungsi.
Warga mendapatkan nasi bungkus yang dibagikan petugas Dinas Sosial Maluku sejak Senin malam. Sementara itu Selasa pagi, warga korban kebakaran mulai mendatangi rumah mereka. Warga mencari barang – barang yang kemungkinan masih bisa digunakan lagi. Selain itu, ratusan aparat TNI dari Kodam 16 Pattimura juga membantu warga membersihkan puing- puing rumah yang hangus terbakar. Lokasi kebakaran sendiri dipenuhi material bagunan dan barang – barang yang hangus terbakar. Sementara itu hingga kini belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu. Namun warga menyebutkan kebakaran terjadi akibat korsliting listrik dari sebuah rumah warga yang kemudian menjalar ke puluhan rumah lainnya. ADI