Realisasi LIN,Luhut Minta Pembangunan Infrastruktur dan Logistik di Maluku Dan Maluku Utara di Percepat

by
Luhut Binsar Pandjaitan FOTO : ANTARA

TERASMALUKU, JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta pembangunan infrastruktur dan logistik di Maluku dipercepat guna mendukung rencana menjadikan wilayah tersebut sebagai Lumbung Ikan Nasional.

Hal itu disampaikan Luhut dalam rapat koordinasi (rakor) terkait rencana pembangunan infrastruktur yang mendukung LIN di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara, Rabu (24/2) yang dihadiri sejumlah menteri dan kepala daerah terkait.

“Sekarang ini di sektor perikanan tangkap dan budidaya sedang kita fokuskan pembangunan di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara, karena ini mau kita mau jadikan kawasan produksi ikan yang bisa nanti kita ekspor langsung ke berbagai negara di Eropa, Asia, Timur Tengah, Amerika, dan Australia. Kita perlu percepat infrastruktur pembangunannya, supaya bisa cepat juga kita gunakan,” kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Infrastruktur yang dibutuhkan yakni pelabuhan perikanan bertaraf internasional dan Ambon New Port. Pelabuhan itu nantinya akan dibangun dengan konsep pelabuhan terintegrasi yang di dalamnya akan diisi oleh terminal petikemas internasional dan domestik, kawasan industri dan logistik, serta terminal LNG dan pembangkit listrik.

Baca Juga: Pecat ! Hukuman untuk Anggota TNI yang Jual Amunisi

Menurut Luhut, pembangunan pelabuhan diperlukan karena kawasan Maluku memiliki potensi perikanan, terutama pada sektor perikanan tangkap di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) titik 714, 715, dan 718.

Di tiga titik ini, terdapat estimasi potensi produksi perikanan yang mencapai 750.000 ton per tahun. Kemudian, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali melakukan pembaruan terkait data tersebut dan tercatat potensi perikanan yang ada mencapai 950.000 ton per tahun dengan target produksi sebesar 665.000 ton per tahun.

Halaman Selanjutnya…