Ribuan Ekor Anak Penyu Dilepas ke Pantai Wisata Liang

by
Pelepasan penyu di Pantai Wisata Liang. foto. dok. Terasmaluku.com

AMBON-Sebanyak 3.047 ekor anak penyu dilepas ke habitatnya oleh ribuan peserta Perkemahan Pramuka Madrasah  Nasional (PPMN) ke-II di Pantai  Wisata Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Maluku  Rabu (25/5).

Selain anak penyu para peserta juga melepas sejumlah ekor penyu berukuran 40 cintimeter ke laut tersebut.  Pelepasan ribuan anak penyu ini dipimpin Menteri Agama, Lukman  Hakim  Syaifuddin dan Gubernur Maluku, Said Assagaaf dan  diikuti oleh ribuan peserta PPMN.

Banyaknya peserta yang berjejer di sepanjang tepian pantai  wisata tersebut, membuat suasana pantai wisata itu sekejap berubah menjadi lautan manusia,”Jumlah anak penyu yang dilepas ke laut berjumlah 3.047 ekor kata, Gubernur Maluku Said Assagaff.

Pelepasan anak penyu ini pun langsung menyabet penghargaan dari Museum Rekor Indonesia(MURI). Pemerian penghargaan piagam rekor Muri ini diserahkan dari pihak Muri kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, Kamarudin Amin, Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad.

Selain melepas ribuan anak penyu ke habitatnya, dalam kegiatan itu juga dilakukan penanaman ribuan anakan pohon di sekitar lokasi perkemahan di desa tersebut.

Menteri Agama, mengatakan, alam dan lingkungan selama ini telah banyak memberikan kontribusi kepada manusia, dan sudah saatnya, manusia menjaga dan mengembangkan lingkungan dengan baik. “Selama ini kan alam selalu memberikan kepada kita, kini saatnya kita memberikan kepada alam dalam bentuk menjaga dan melestarikan alam kita,”ujarnya. (ADI)