Ribuan Kosmetik Ilegal Kembali Disita Balai POM Ambon di Kios Mardika

by
Petugas Balai POM Ambon mendata kosmetik ilegal hasil razia di Terminal Mardika Selasa (20/9).

AMBON-Petugas Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) Ambon bersama aparat Kepolisian, Selasa (20/9) kembali menggelar razia produk kosmetik ilegal di kios – kios pada kawasan Terminal Mardika Ambon. Dalam razia yang juga melibat petugas Pemkot Ambon ini disita ribuan kemasan produk kosmetik berbagai jenis karena melakukan pelanggaran.
Diantaranya produk kosmetik yang dijual tersebut tanpa izin edar, produk palsu dan sudah kadaluarsa. Petugas memeriksa satu persatu kios di Terminal Mardika yang menjual produk kosmetik itu, dan ditemukan produk kosmetik ilegal tersebut. Produk kosmetik ilegal itu kemudian disita petugas dan langsung dibawa ke Kantor Balai POM Ambon di kawasan Jalan Dr. Kayadoe Kudamati. Petugas juga membawa lima orang pemilik kios terduga penjual produk – produk kosmetik ilegal itu.
Kepala Seksi Pemeriksan dan Penyidikan Balai POM Ambon Mathias Sandy Tokan Ola yang memimpin razia menyatakan,operasi gabungan ini merupakan kegiatan secara nasional untuk menertibkan kosmetik ilegal, obat tradisional dan suplemen kesehatan yang tidak memenuhi kententuan. “Yang paling banyak kita amankan ini produk kosmetik ilegal, tanpa izin edar yang kami curigai mengandung unsur berbahaya, jumlahnya ribuan kemasan. Selain itu ada juga obat tradisional dan suplemen kesehatan, tidak ada izin edar dan sudah kadaluarsa,” kata Sandy.
Ia menyatakan, pemilik kios yang diamankan ini karena sudah sering melakukan pelanggaran menjual produk – produk kosmetik ilegal itu. Pemilik kios tersebut sudah berberapa kali tertangkap menjual produk ilegal, namun mereka tetap menjual lagi. Balai POM Ambon sebelumnya hanya memberikan teguran saja
“Kali ini tidak ada ampun lagi, kita proses hukum saja, serahkan ke polisi agar ada efek jera. Karena pemilik kios yang kita amankan ini sudah sering melakukan pelanggaran, tapi mereka jual lagi,”kata Sandi.
Berdasarkan pantauan Terasmaluku.com, ribuan kemasan produk kosmetik ilegal yang disita ini merupakan produk yang sering digunakan warga. Seperti sabun mandi, krim pemutih wajah, lipstik termasuk sampo. “Produk kosmetik ilegal ini kalau digunakan akan sangat berbahaya baik bagi kesehatan dan merusak kulit,” katanya. ADI