Ribuan Umat Muslim Ambon Gelar Takbiran Keliling Sambut Idul Fitri  

by
Umat Muslim di Kota Ambon menggelar Takbiran Keliling di sejumlah ruas jalan pada Sabtu (24/6). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Ribuan Umat  Muslim  di  Kota Ambon menggelar pawai takbiran keliling pada Sabtu (24/6) malam  menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Pawai takbiran keliling  digelar warga setelah pemerintah mengumunkan 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada Minggu (25/6).

Pantauan Terasmaluku.com,  warga langsung turun ke jalan–jalan untuk gelar takbiran keliling. Seperti di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Batumerah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Di sepanjang kawasan jalan ini dipenuhi ribuan warga, diantaranya dari  Galunggung, Tanah Rata, Kebun Cengkeh dan Kapaha. Mereka  menggelar pawai dengan berjalan kaki. Ada juga warga yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Namun  peserta pawai takbiran keliling, tidak bisa melintasi jalur jalan ke arah kawasan Mardika, menuju pusat Kota Ambon. Aparat Kepolisian dan TNI sudah menutup ruas jalan tepatnya di depan Jembatan Batumerah. Peserta pawai dialihkan  menuju kawasan  Ongko Liong dan seterusnya menuju kawasan Tantui.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau – Pulau Lease AKBP Sucahyo Hadi dan Komandan Kodim 1504 Pulau Ambon Letkol Inf. Roynald Sumendap memimpin langsung pengamanan takbiran keliling ini. “Peserta takbiran  tidak bisa menuju Mardika dan pusat kota, kalau dari Jalan Jenderal Sudirman, peserta  langsung putar ke arah Ongko Lion,” kata Kapolres saat memberikan penjelasan kepada peserta takbiran.

Selain di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Batumerah, warga Muslim Ambon juga menggelar Pawai Takbiran Keliling, seperti warga Ponegoro Kelurahan Urumesing. Remaja Masjid Ponegoro menggelar Takbiran dengan berjalan kaki melewati Urumessing menuju pusat Kota Ambon. Di sepanjang jalan Urimessing, warga Kristen lainnya berjabat tangan mengucapkan selamat Idul Fitri kepada peserta pawai takbiran.

Kapolres menyatakan, pihaknya menutup sejumlah ruas jalan utama menuju pusat  Kota Ambon selama takbiran keliling  untuk mencegah kemacetan serta hal – hal tidak diinginkan. Selain itu, aparat juga menutup Jembatan Merah Putih mulai pukul 20.00 WIT hingga Minggu (25/6) dini hari. Langkah ini juga agar mencegah warga yang pawai takbiran masuk ke pusat Kota Ambon.

“Dengan penutupan ini, warga hanya bisa takbiran keliling di kawasan mereka saja, tidak bisa masuk ke Pusat Kota Ambon. Langkah ini kita lakukan untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan bersama. Tahun – tahun sebelumnya juga sudah diterapkan seperti ini,” kata Kapolres.

Warga hanya bisa menggelar takbiran keliling hingga pukul  24.00 WIT, setelah aparat keamanan mengambil tindakan tegas dengan menggelar swiping kendaraan. Pelaksanaan pawai takbiran keliling berjalan aman dan lancar. Ribuan aparat Kepolisian, TNI, dan Satpol PP Kota Ambon serta elemen lainnya terlibat pengamanan takbiran keliling ini.  Aparat keamanan yang bertugas mengamankan takbiran keliling   menggunakan kopiah berwarna putih. (IAN)