Rizal Talapuka Anak Petani dari Manipa Lolos AKMIL, Warga Sampaikan Surat Terbuka ke Mayjen TNI Jeffry Rahawarin

by
Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin, Pangdam Pattimura saat memimpin langsung Sidang Parade Catar (Calon Taruna) Akmil tahun 2021 di Makodam Pattimura. FOTO : PENDAM16

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Usai dipromosikan menjadi Pangkogabwilhan III di Mabes TNI, Cilangkap oleh Panglima TNI, Selasa (10/8/2021), Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin yang juga mantan Pangdam XVI/Pattimura mendapat apresiasi dari masyarakat di Pulau Manipa.

Berkat perhatian dan kepedulian Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin semasa menjabat Pangdam, yang memperjuangkan putra putri daerah Maluku dan Maluku Utara menjadi prajurit TNI AD, seorang pemuda Pulau Manipa, M Rizal Talapuka dinyatakan lolos dan menjadi Taruna Akademi Militer (AKMIL).

Keluarga dan warga Manipa sampaikan surat terbuka kepada
Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin. FOTO : ISTIMEWA

Rizal adalah adalah anak yatim. Ayahnya meninggal sejak dia kecil. Sedangkan ibunya seorang petani dan pekerja serabutan. Ibu Rizal dan masyarakat Manipa pun memberikan apresiasi kepada Mayjen TNI Jeffry.

Melalu surat terbuka yang dibacakan oleh masyarakat Pulau Manipa, Rabu (11/08/2021) orang tua Rizal, ibu Sehatuna sangat tidak menyangka anaknya lolos AKMIL. Orang tua dan warga sangat bersyukur serta berterima kasih khususnya kepada Mayjen TNI Jeffry Rahawarin.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pak Jeffry atas perhatian dan kepedulian kepada kami sebagai warga kurang mampu tapi anak kami yang sejak umur lima tahun sudah yatim ini bisa lolos menjadi taruna Akmil,” ujar Sehatuna.

Tokoh masyarakat Manipa, Muhammad Saleh Talakuka juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Perwira Tinggi Abituren Akmil tahun 1988 itu.

Menurutnya anggapan masyarakat yang selama ini, mendaftar menjadi TNI mengeluarkan banyak biaya mampu dipatahkan dan terbukti di keluarga Rizal.

Hal ini tentunya dapat menumbuhkan semangat dan motivasi pemuda pemudi bukan hanya di Pulau Manipa tetapi juga di Maluku dan Maluku Utara untuk mengabdi menjadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Pada kesempatan terpisah Babinsa setempat, menambahkan berkat semboyan beliau “Kerja Cepat, Kerja Rajin, Kerja Ulet” dalam menjabat sebagai Pangdam XVI/ Pattimura  warga di daerah wilayah binaannya mampu menjadi Taruna maupun prajurit TNI.

“Terima kasih Bapak Pangkogab semoga hal ini menjadi pemicu semangat anak-anak Maluku dan Malut untuk dapat mengikuti jejak Bapak menjadi pemimpin bangsa”, pungkasnya. (Pendam16)