RSUD dr. Ishak Umarela Tulehu Tutup Sementara, 18 Tenaga Medis Positif Covid-19

by
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Maluku, Melky Lohy, benarkan ada 18 tenaga medis di RSUD dr. Ishak Umarela positif Covid-19, Kamis (11/6/2020). FOTO: Dok. Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,AMBON – Kabar paparan virus corona kini berhembus dari Maluku Tengah. Yakni sebanyak 18 orang tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ishak Umarela di Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah positif terpapar virus corona.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Maluku, Melky Lohy, pun membenarkan hal itu. “Iya benar, ada 18 tenaga medis di RSUD dr. Ishak Umarela positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab,” ujarnya saat dikonfirmasi di Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Kamis (11/6) malam.

Dia merinci sebelum keluar hasil belasan tenga medis positif Covid-19, sebanyak 22 orang lebih dulu menjalani rapid test atau tes cepat. Hasilya dari 22 yang dites, 18 orang reaktif. Tak menunggu lama, mereka yang juga sehari-hari melayani pasien di rumah sakit itu langsung jalani pengambilan sampel swab untuk diuji dengan metode PCR. Dan hasilnya positif.

Loading...

Langkah cepat itu kata Melky untuk segera mengantisipasi penyebaran ke orang lain. “ini merupakan bagian dari proses tracing atau pelacakan dari salah satu pasien terkonfirmasi. Selanjutnya para tenaga medis yang positif covid-19 akan dikarantina di RSU tersebut,” terang Lohy.

Itu berarti RSUD dr. Ishak Umarela akan ditutup sementara untuk dilakukan sterilisasi terhadap tenaga medis hingga sembuh total. Dengan begitu warga yang hendak berobat ke sana pastinya akan ditolak atau diminta ke fasilitas kesehatan lain terdekat.

Lebih lanjut Melky menambahkan hal tersebut juga sebagai cara antisipatif rumah sakit dalam memutus segera penyebaran di Tulehu dan sekitarnya. Terhitung mulai Kamis (11/6/2020) pelayanan di RSUD tutup. Itu berlaku selama 14 hari.

Mengenai data dan identitas dari 18 orang tenaga medis ini kata Lohy akan diumumkan besok. “Yang penting bahwa benar terkait pertanyaan ada 18 orang tenaga medis di RSUD dr. Ishak terkonfirmasi tapi tidak termasuk dalam data rilis kita hari ini, besok akan rilis,”kata dia. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *