RSUD Piru Terendam Air Akibat Saluran Mampet, Pasien Dievakuasi

by
Sebagian besar ruangan di RSUD Piru terendam air saat hujan deras, pasien pun dievakuasi (2/7). FOTO: Fadli

TERASMALUKU.COM,-PIRU- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) terendam air hampir mendekati lutut orang dewasa. Sebagian besar aktifitas di situ lumpuh akibat air yang terus masuk saat hujan mengguyur deras, Selasa (2/7/2019).

Curah hujan tinggi yang terus-terusan melanda Pulau Seram akibatkan fasilitas publik milik Pemerintah Kabupaten SBB itu sempat terhenti. Puluhan pasien yang tengah terbaring pun langsung dievakuasi ke ruangan yang lebih tinggi.

Dari pantauan Terasmaluku.com, ruangan yang paling parah terendam air yakni Ruang Kebidanan dan Kelas 2B. Pasien lantas dipindahkan ke Ruang VIP.

Tinggi air nyaris selutut orang dewasa

Jhen Siahutta, Staf Keperawatan RSUD Piru mengaku kaget saat air masuk dan merendam sebagian besar ruangan rumah sakit.“Ini baru kali pertama, baru pernah terjadi seperti ini,” kata Jhen kepada  wartawan saat membereskan sejumlah peralatan di rumah sakit, Selasa  sore (2/7/2019).

Begitu dirinya dan staf lain tau ada air yang masuk, mereka segera menyelamatkan sejumlah alat medis dan obat-obatan di situ.

Sementara itu tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Herry Risakotta yang datang ke lokasi pun memerika penyebab RSUD terendam. Herry membeberkan jika genangan itu terjadi akibat ada sumbatan pada saluran tersumbat.

Akibatnya air dari saluran tumpah dan masuk ke ruangan rumah sakit. “Hujan lebat, dan saluran tersumbat semua. Besok (Rabu) kami akan kerja untuk perbaiki saluran,” ujar Kabid  Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten SBB itu. (FADLI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *