RSUP Dr. Johannes Leimena Jadi Lokasi Perdana Vaksinasi Covid-19 di Maluku

by
Doni Rerung

 TERASMALUKU.COM,AMBON, –  Sesuai jadwal vaksinasi perdana di Maluku berlangsung di RSUP. Dr. Johannes Leimena Ambn pada Jumat 15 Januari 2021. Rencananya vaksinasi itu dimulai pukul 09.00 WIT. Kemudian diikuti dengan vaksinasi terhadap nakes di 22  Puskesmas yang ada di Kota Ambon.

Juru Bicara satgas Covid-19 Provinsi Maluku, Doni Rerung menjelaskan pemberian vaksin sinovac covid-19 perdana itu diikuti oleh 40 orang nakes yang masuk tahap pertama vaksinasi.

“lokasinya di RSUP Leimena pesertanya 40 orang,” ucapnya dalam Ketarangan pers usai rapat di Lantai VI Kantor Gubnernur Maluku pukul 12.30 WIT.

Vaksinasi perdana yang rencanannya akan disiarkan langsung di kanal youtube. Usai itu barulah diikuti dengan vaksinasi di fasilitas kesehatan pratama atau puskesmas serentak. “1 Jam baru puskesmas dengan nakes,” tambahnya.

Dengan jumlah nakes yang ada di Maluku, vaksinasi ini tidak bisa habis dilakukan dalam sehari saja, atau pada tanggal 15. Itu mengingat tidak semua tempat bsia dijadikan lokasi vaksinasi.

Semisal di Kota Ambon, saja hanya boleh dilakukan di 22 puskesmas bebrapa klinik dan beberapa rumah sakit. Pasalnya tidak semua layanan memiliki fasilitas yang menunjang.

“Ada 29 faskes untuk tempat vaksin di Ambon. Enam rumah sakit, 22 puskesmas dan klinik. RSUD Dr. Haulussy saja tidak,” terang Doni.

Pihaknya juga tengah menyusun alur vaksinasi di RSUP Dr. Johannes Leimena nanti. Para peserta yang terjadwal di situ harus melewati empat (4) meja. Mulai dari meja pendaftaran untuk mengambil data, meja screening atau anamneses, meja vaksin dan yang keempat pemantauan. Tenaga kesehatan di meja pemantauan ini nantinya bertugas memantau kondisi peserta setelah 30 menit divaksin. (PRISKA BIRAHY)