RSUP dr. Johannes Leimena Layani Pasien Covid-19 Mulai 26 Mei

by
Direktur Utama RSUP dr. J. Leimena, Calestinus Munthe, menyatakan rumah sakit beroperasi kali pertama tangani pasien covid-19, (20/5).

TERASMALUKU.COM,AMBON, –Rencana pengalihan layanan kesehatan pasien covid-19 ke RSUP dr. J. Leimena diundur hingga 26 Mei 2020. Dipastikan rumah sakit akan beroperasi setelah libur lebaran dan hanya khsus menangani pasien-pasien yang terpapar virus corona.

Dalam keterangan persnya, Ketua Harian  Gugus Tugas (Gustu) Penanganan Covid-19 Maluku Kasrul Selang, memastikan RSUP siap layani pasien covid-19. “Katong akan memfungsikan RSUP Leimena. Tadi dijelaskan secar fisik dan prasarana semua sudah siap. Yang tinggal kita  bahas adalah masalah SDM,” kata Kasrul kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

BACA JUGA : Intip Apa Saja Fasilitas RSUP dr. J. Leimena yang Bakal Layani Pasien Covid-19

BACA JUGA : Terapkan Ini Agar Sukses Hadapi Dampak Pandemi COVID-19

Dalam kesempatan itu hadir juga direktur utama RSUP. dr. Johanes Leimena yang merinci operasioanl dan detil saran di rumah sakit. “Rumah sakit akan dioperasionalkan pada 26 Mei 2020. Setelah lebaran kita operasional. Karena nakes ini akan ditugaskan akan mendapat karantina selama masa penugasan. Jadi pertimbangkan semua aspek maka kita sepakat berikan pelayanan pada tanggal 26 Mei,” tutur Direktur Utama RSUP dr. J. Leimena, dr. Calestinus Eigya Munthe, Sp.KJ, M.Kes.

Loading...

Sebelumnya pihak gustu, dinask kesehatan kota dan provinsi telah membahas terkait lonjakan pasien dan perluasan tempat perawatan pasien. Dalam keterangan pers PADA Jumat 15 Mei 2020, Kasrul melontarkan rencana pengalihan layanan pasien covid-19 pada Senin 18 Mei 2020 di RSUP. dr. Johanes Leimena.

Sayangnya saat pengecekkan di lapangan pada Sabtu (16/5) belum ada tanda-tanda persiapan yang berarti. Artinya belum kenyara ada tenaga kesehatan yang akan disiapkan melayani pasien. namun dari tinjauan wartawan, secara fisik RSUP siap. Mulai dari ruang IGD, persiapakn brankar, tempat tidur, layanan ICU, alat-alat medis lain hingga amblunas khusus yang siap mengantar pasien sesuai kebutuhan.

“RSUP saran prasarananya telah lengkap. Tapi saat ini belum dapat berikan pelayana karena SDM. Kita dapat dukungan penuh tenaga kesehatan dari semua rumah sakit bersama dinkes provinsi juga kota,”jelasnya.

Dinkes Kota Ambon dan Provinsi Maluku yang menyiapakan sebanyak 120 tenaga kesehatan. Mereka berasal dari rumah sakit di kota Ambon. sementara sarana prasarana telah siap oleh pihak RSUP. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *