Ruang Isolasi RSUD Haulussy Kosong , Dua WNA Jepang Akhirnya Dibolehkan Pulang

by
RSUD dr Haulussy di kawasan Kudamati Ambon. FOTO : DOK. TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,AMBON – Usai kepulangan AA ke Bekasi, kini menyusul dua warga negara asing (WNA) Jepang dari RSUD Dr. M. Haulussy Ambon. Kepulangan mereka ini menandakan tidak ada lagi pasien di ruang isolasi rumah sakit untuk saat ini.

Pasangan suami isteri itu keluar dari rumah sakit pada Kamis (2/4/2020). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meikyal Pontoh Jumat siang, (3/4/2020).

Pemeriksaan sampel caira tubuh yang panjang telah membktikan tubh mereka tidak ada virus corona. Batuk, demam, flu atau gejala penyerta pun taka da selama mereka jalani perawatan. Berdasar hasil itu keduanya bahkan pernah meminta ijin kepada pihak rumah sakit untuk keluar. Dengan hasil yang jelas dan pertimbangan kesehatan, maka pihak rumah sakit pun akhirnya ‘membebaskan’ mereka dari ruang isolasi. “Jepang, sudah keluar, sudah,” tegas Pontoh

Keduanya mulai dirawat di RSUD sejak 16 Maret 2020. Masuk dengan keluhan demam berdarah (DBD). Oleh dokter lantas dianalisa lantaran gejala serta riwayat perjalanan juga asal kedua orang ini dari negara terpapar COVOID-19.

Loading...

BACA JUGA : https://terasmaluku.com/tiga-pasien-di-ruang-isolasi-membaik-dari-status-pdp-turun-jadi-odp/

Namun dari pemeriksaan bertahap, kondisi fisik mereka berangsur baik dan prima. Hanya saja spesimen atau sampel droplet telah dikirim ke laboratorium balitbangkes kemnterian kesehatan di Jakarta. Hasilnya negatif.

“Dong dua negatif, dari awal negatif. Sempat minta keluar karena memang kondisi keduanya sangat sehat, tapi kita harus menunggu hasil uji spesimen dulu, kita bekerja sesuai protap,” lanjut dia.

Mereka datang ke Ambon dengan rute Jepang transit Jakarta pada 2 Maret. Kemudian langsung menuju Ambon dan tiba di Bandara Internasional Pattimura pada 3 Maret 2020. Keduanya datang dengan tujuan untuk menghadiri acara keagamaan. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *