Ruang Ketua Program Doktor Ilmu Kelautan Unpatti Ambon Terbakar

by
Petugas berupaya memadamkan ruangan yang terbakar di Gedung Kampus B PGSD Ambon, Kamis (12/1). Foto : IAN

AMBON- Gedung Kampus B   Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)  Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Kamis (12/1) terbakar. Namun api  hanya membakar  ruangan Ketua Program Doktor Ilmu Kelautan Unpatti Prof. Dr. Ir. J. Hiariey, M.Sc  yang berada di lantai dua kampus tersebut. Akibat  kebakaran ini sempat  membuat  panik mahasiswa. Mereka  berlarian meninggalkan ruang kuliah.

Sekretaris Program Studi Manajemen Universitas Patimura Patrick Samusamu menyatakan,  kebakaran diduga  akibat kosleting pada pendingin ruangan AC yang berada di ruangan lantai dua gedung itu.  Sebelumnya   terjadi  pemadaman listrik di kampus tersebut.  Saat kebakaran,Hiariey sementara di luar ruangan.   “Awalnya lampu di  lokasi perkuliahan PGSD dan Pasca Sarjana  sempat padam, setelah menyala tiba-tiba terlihat asap tebal dari lantai dua  ruangan Ketua Progran Ilmu Kelautan, karena panik kita langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran,” kata Patrick  saat ditemui di lokasi kejadian.

Empat unit mobil pemadam kebakaran Pemkot Ambon dikerahkan untuk memadamkan api. Selain petugas pemadam, upaya pemadaman juga dilakukan aparat TNI dan mahasiswa lainnya. Untuk saja api cepat dipadamkan sehingga tidak membakar ruangan lainnya di Kampus  B  PGSD itu.

Menurut Patrick, akibat kejadian ini sebagian barang elektronik terbakar  dan beberapa dokumen rusak terkena air saat  petugas pemadam kebakaran memadamkan api. Namun beberapa dokumen penting lainnya  berhasil diselamatkan. “Kita belum menghitung jumlah kerugian, karena masih perlu didata apa-apa saja yang terbakar dan  rusak,” ujarnya. (IAN)