Rumah Sakit Siloam Ambon Dedikasikan Tangani Pasien Covid-19

by
Direktur Siloam Hospitals Group, Dr Prayudi (dua dari kiri), Walikota Ambon Richard Louhenapessy (tengah) bersama Wakil Walikota Ambon, Waklil Walikota Ambon Syarif Hadler menggunting pita tanda pembukaan Rumah Sakit Siloam Ambon, Rabu (29/7/2020). FOTO : MCPEMKOT AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON,-Setelah lama menunggu, Rumah Sakit (RS) Siloam atau Siloam Hospitals Ambon akhirnya diresmikan pembukannya oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Rabu (29/7/2020). Peresmian RS swasta yang didirikan Lippo Group ini juga dihadiri Direktur Siloam Hospitals Group, Dr Prayudi, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler dan Sekertaris Kota Ambon, A.G Latuheru.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy meninjau sejumlah fasilitas Rumah Sakit Siloam Ambon usai diresmikan, Rabu (29/7/2020). FOTO : MCPEMKOT AMBON

Pembukaan RS ditandai dengan pengguntingan pita oleh para pejabat itu. Prayudi mengatakan untuk saat ini Siloam Hospitals Ambon didedikasikan bagi pelayanan penanganan pasien Covid-19 di Kota Ambon dan Provinsi Maluku.  RS Siloam Ambon katanya menjadi RS keempat jarigan Siloam di Indonesia yang dibuka khusus menangani pasien Covid-19.

Namun Prayudi mengatakan kedepan RS Siloam Ambon akan memberikan pelayanan pasien umum seperti rumah sakit lainnya bila covid-19 sudah bisa tertangani.

“Kami berharap kedepan menjadi rumah sakit biasa, seperti rumah sakit lainnya, melayani pasien umum khusus masyarakat Ambon dan Maluku. Jadi kami tertantang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Maluku,” tutur Prayudi.

Loading...

Walikota Ambon Richard Louhenapessy  mengatakan pembukaan RS Siloam Ambon sangat strategi ditengah upaya percepatan penanganan covid-19 di Kota Ambon. “Untuk saat ini Rumah Sakit Siloam Ambon akan melayani pasien Covid-19, setelah itu akan dikembangkan untuk pelayanan umum,” kata Richard.

Richard memberikan apresiasi kepada pimpinan Lippo Group James Riady dan Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Coroline Riady atas keputusannya berinvestasi pada bidang kesehatan dan pendidikan di Kota Ambon. Bidang pendidikan sudah ada sejak bertahun-tahun di Kota Ambon.

Walikota mengatakan Pemerintah Kota Ambon hampir enam tahun mempromosikan RS Siloam Ambon. Dan kini jadi kenyataan RS tersebut diresmikan penggunaanya di Ambon.

“Setiap momentum melahirkan sejarah, dan hari ini sejarah baru bagi Kota Ambon dengan pembukaan Rumah Sakit Siloam. Impian kami hampir enam tahun mempublikasi rumah sakit ini, kini harapan itu jadi kenyataan,” ungkap Richard.

Richard juga mengungkapkan, keberadaan RS Siloam Ambon menjadi harapan bagi warga adanya peningkatan kualitas hidup dan pelayanan kesehatan yang baik.

RS Siloam berada di kawasan Jalan Sultan Hassanudin Tantui Ambon. Rumah sakit berlantai 12 ini memiliki fasilitas 600 kamar posisinya berada di tepi pantai Teluk Ambon.

Untuk saat ini, RS Siloam Ambon menyediahkan 105 tempat tidur khusus pasien covid-19. Tidak hanya memberikan perawatan dan pengobatan pasien covid-19, RS milik konlomerat ini juga akan memberikan layanan skrining, pengkajian hingga diagnostik melalui sejumlah pelayana tes covid-19 bagi masyarakat.

RS Siloam Ambon memiliki sejumlah fasilitas dan pelayanan kesehatan pendukung. Yakni, ruangan ICU, IGD, ruang isolasi, CT scan, kamar operasi, laboratorium dan ruangan farmasi. (ADI)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *