Rumah Sakit Tulehu Tak Layak, Menkes Minta Relokasi

by
Menteri Kesehatan, Nila Moeloek melihat kondisi pasien RS dr. Ishak Umarella Tulehu di dalam tenda darurat (16/10/2019). FOTO: Alfian Sanusi

TERASMALUKU.COM,AMBON,-Kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ishak Umarella, Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabuapten Maluku Tengah sudah tak layak beroperasi. Rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Maluku rusak akibat gempa 6,5 magnetudo pada Kamis (26/9/2019). Apalagi lokasinya berada dekat pantat.

Menteri Kesehatan, dr. Nila Moeloek, Sp. M (K) dalam kunjungan ke Rumah Sakit Darurat dr. Ishak Umarella di lapangan Kampus Universitas Darussalam (Unidar) Tulehu, Rabu (16/10/2019) siang  meminta agar rumah sakit tersebut dipindahkan ke lokasi yang lebih aman dan nyaman.

Moeloek yang datang bersama rombongan Kementerian Kesehatan dari Jakarta itu melihat langsung pasien yang dirawat di RSUD darurat dibawa tenda milik BNPB dan tenda BUMN. Kondisi bangunan RSUD  yang hancur dan retak, dinilainya sangat tidak mungkin untuk memberi pelayanan maksimal kepada pasien.

loading...

“Kalau rumah sakit itu hanya diperbaiki kami ragu karena pusat episentrum ada di sana, sehingga harus dipikirkan. Kita tidak bisa lagi balik ke situ, harus mencari lahan yang lebih aman, ya haras direlokasi,” tegas Moeloek menjawab wartawan.

Moeloek mengatakan, rumah sakit darurat yang dibangun di kampus Darusalam, Tulehu itu cukup bagus. Namun itu hanya bersifat sementara. “Sementara ini kita pakai tenda dulu, dan bangunan di Unidar, nanti baru cari tempat yang layak,” ujarnya.

Dia juga mengaku, walaupun hanya rumah sakit darurat, pelayanan kesehatan terus dilakukan kepada penyintas gempa di desa ini. “Untuk pelayanan kesehatan di rumah sakit ini tetap dilakukan, perawat maupun dokter semua tinggal disini,” katanya.

Sebelum mengunjungi korban gempa bumi di Desa Tulehu, Menteri Kesehatan meninjau pembangunan RSUP J. Leimena desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon. (ALFIAN SANUSI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *