Rumah Untuk Korban Kebakaran Ongkoliong Segera Dibangun

by
Sebagian warga Ongkoliong Negeri Batu Merah mendatangi balai kota menagih Janji pemkot yang belum terealisasi, (29/3/2021). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tetap akan menggantikan rumah bagi  warga korban kebakaran kawasan Ongkoliong Batu Merah Kota Ambon. Sebanyak 18 Kepala Keluarga (KK) yang akan dibangun rumah baru di kawasan Air Besar.

Sedangkan untuk korban lainnya yang tidak miliki sertifikat rumah, Pemkot akan bangun rumah susun (Rusun) di lokasi yang sama.

“Diusahakan tahun ini selesai pembangunan rumah dan rusun untuk korban kebakaran Ongkoliong,” kata Sekretaris kota Ambon, A.G Latuheru kepada wartawan di Ambon, Kamis (20/5/2021).

Dia mengaku, rumah maupun Rusun dibangun diatas tanah milik Pemkot Ambon di kawasan Arbes. Karena sudah tidak bisa dibangun lagi di kawasan Ongkoliong. Lokasi ini  sudah menjadi ruang terbuka publik.

“Tidak bisa bangun di situ (Ongkoliong) lagi karena itu bukan pemukiman melainkan ruang terbuka publik,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, proses pembangunan telah dibicarakan dan dikoordinasikan. Kini sementara dalam proses administrasi untuk pembangunan rumah maupun Rusun tersebut.

Diketahui sudah hampir 2 tahun bencana kebakaran di Ongkoliong, namun hingga kini Pemkot Ambon belum juga melakukan ganti rugi lahan terhadap korban kebakaran seperti dijanjikan sebelumnya. (ALFIAN SANUSI)