Safari Ramadhan Dan Ajakan Bupati Untuk Kedamaian di SBB

by
Bupati SBB M.Yasin Payapo memberikan sambutan saat Safari Ramadhan di Masjid Katapang, Minggu (26/5/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat (SBB) melanjutkan Safari Ramadhan ke Dusun Katapang Desa Loki Kecamatan Huamual, Minggu (26/5/2019). Bupati SBB M.Yasin Payapo memimpin langsung Safari Ramadhan di Katapang. Bupati datang  bersama istrinya, Sekda SBB, Mansur Tuharea, pimpinan OPD lingkup Pemkab SBB dan Camat Huamual.

Rombongan disambut warga, kemudian menggelar Safari Ramadhan di Masjid Katapang. Dalam  sambutannya Bupati mangatakan Safari  Ramadhan bukan sekedar agenda rutinitas selama Ramadhan saja, tapi lebih dari itu menjadi ajang silaturahmi dan menyerap aspirasi warga.

Safari Ramadhan ini kata Bupati sekaligus dijadikan jembatan silahturahmi dan tatap muka secara langsung antara pemimpin daerah dan jajaran pemerintahan dengan masyarakatnya untuk selalu tebarkan kedamaian di Kabupaten SBB.

“Mari tingkatkan ketaqwaan, tebarkan kedamaian, kebaikan, rawat persaudaraan dan jaga kebersamaan diantara warga. Tentu dengan kegiatan seperti ini masalah-masalah di masyarakat bisa kita serap kemudian diambil keputusan untuk perbaikan,” kata Bupati.  Bupati juga minta warganya untuk meningkatkan kualitas ibadah sehingga dapat menuju insan yang bertaqwa, merajut ukhwah dan menjaga persaudaraan.

Loading...

Bupati menyampaikan hal ini bukan tanpa sebab. Sejumlah negeri dan dusun di Kabupaten SBB jelang dan selama Ramadhan 1440 Hijriah ini diwarnai konflik warga. Diantaranya konflik warga Negeri Latu dan Negeri Hualoy Kecamatan Amalatu, serta juga konflik antar warga Dusun Tanah Goyang, Dusun Ani dan Dusun Olas Desa Loki Kecamatan Huamual.

“Ramadhan adalah momen yang tepat untuk menebarkan kebaikan, kedamaian, menjaga kebersamaan dan persatuan, hentikan segala konflik-konflik tersebut,” kata Bupati.

Menyusul konflik  yang terjadi di sejumlah negeri,  para Latupati dari Tala, Eti, Sapalewa menggelar silaturahmi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) SBB  di Aula Pandopo Bupati Kota Piru, Sabtu (25/5/2019).

Para Latupati menyampaikan pernyataan sikap untuk kedamaian di Kabupaten SBB terutama Negeri Latu dan Negeri Hualoy yang berkonflik serta desa dan dusun lainnya di wilayah itu.  Pernyataan sikap  ini disampaikan para Latupati  dihadapan Bupati Yasin Payapo, Kapolres SBB AKBP Agus Setiawan, dan Pasiter Teritorial Kodim 1502/Masohi, Kapten A. Prabowo. Para Latupati menyeruhkan penghentian konflik di negeri dan dusun yang berkonflik.

Pada Minggu (26/5/2019) warga Dusun Tanah Goyang, Ani dan Dusun Olas sepakat berdamai.  Warga tiga dusun bertetangga ini menyatakan menyerahkan sepenuhnya masalah tindakan kriminal sebagai pemicu konflik ke aparat kepolisian untuk diproses hukum. (FADLI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *