Sahuburua dan Sejumlah Kepada Daerah Bersama Menangkan SANTUN

Sahuburua dan Sejumlah Kepada Daerah Bersama Menangkan SANTUN

SHARE
Said Assagaff menyampaikan orasi politiknya bersama sejumlah kepala daerah dalam deklarasi pasangan Said Assagaff - Andareas Rentanubun (SANTUN) di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (10/1). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Andareas Rentanubun atau (SANTUN) dideklarasikan di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (10/1) sore. Deklarasi pasangan SANTUN dihadiri ribu warga dari Kota Ambon dan sekitarnya. Sebelum dideklarasikan, para  tokoh agama menyampaikan doa untuk kemenangan SANTUN di Pilgub Maluku 2018.

Selain dihadiri pimpinan Parpol pengusung baik tingkat pusat dan Provinsi Maluku, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS dan PBB, deklarasi pasangan SANTUN juga dihadiri Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dan sejumlah kepala daerah.  Yakni, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, selaku ketua tim pemenang, Bupati Buru, Ramly Umasugi, Bupati Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas, Bupati Maluku Tenggara Barat Petrus Fatlolon, Wakil Walikota Tual, Hamid Rahayaan, Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey dan Wakil Bupati Buru Selatan Ayub Saleky. Para kepala daerah dan wakil kepala daerah ini menyatakan mendukung SANTUN dalam Pilkada Maluku 2018 ini.

Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Michael  Wattimena, Fredy Latumahinna, politisi Partai Golkar, politisi PKS tingkat pusat  menyampaikan orasi politik mereka mendukung SANTUN.  Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua juga menyampaikan orasi politiknya.  Sahuburua mengungkapkan,  orang yang layak melanjutkan kepemimpinan di Maluku adalah Assagaff karena berpengalaman, sudah terbukti dan teruji dalam kepemimpinan.

Sahuburua menyatakan tidak maju bersama Assagaff karena faktor usia yang tidak memungkinkan lagi. Karena itu menurut Sahuburua, figur yang layak mendampingi Assagaff saat ini adalah Adareas Rentanubun, Bupati Maluku Tenggara dua periode. “Saya minta masyarakat Maluku untuk tidak salah memilih dalam Pilgub, pilihlah orang yang sudah berpengalaman dan ahlinya, dan semua itu ada di SANTUN,” kata Sahuburua.

Andareas Rentanubun sendiri dalam orasi politiknya menyatakan siap berbakti dan melayani masyarakat Maluku.  “Kami ini pelayan, dan kami siap melayani tuan-tuan, bapak dan ibu,masyarakat adalah raja kami. Kami akan memberikan pelayan terbaik untuk masyarakat dan memajukan Maluku,” kata Rentanubun.

Sementara itu Assagaff menyatakan, sebelum memutuskan maju di Pilgub Maluku 2018, ia bertemu dan  menyampaikan maksudnya itu kepada Sahuburua. Dalam pertemuan itu, menurut Assagaff, Sahuburua menyatakan tidak maju lagi karena faktor usia. Kepada Assagaff, Sahuburua berpesan agar mencari calon yang terbaik, karena membangun Maluku tidak mudah, butuh pemimpin yang berpengalaman dan sejalan, satu hati. Assagaff juga menyampaikan selama kepemimpinan ia dan Sahuburua sejumlah capaian dan hasil pembangunan sudah dirasakan warga.

“Membangun Maluku ini tidak mudah, harus dengan hati,  karena itu butuh orang berpengalaman dan untuk melanjutkan serta menuntaskan pembangunan di Maluku, atas restu dari Pak Wagub saya memilih Bupati Maluku Tenggara Pak Andre sebagai calon  Wakil Gubernur untuk bertarung di Pilgub Maluku,” kata Assagaff.

SANTUN sendiri sudah mendaftarkan diri ke KPU Maluku pada Selasa (9/1).  Dalam deklarasi ini sejumlah orang membawa puluhan bendera PPP di Lapangan Merdeka Ambon. Bendera PPP  tersebut berada dengan Parpol pengusung. PPP  sendiri mengusung Murad Ismail dan Barnabas Orno dalam Pilgub Maluku. Sebelumnya saat pendaftaran Murad dan Orno di KPU Maluku, Rabu (10/1) siang, Ketua DPW PPP Maluku Syarif Hadler yang juga Wakil Walikota Ambon tidak ikut bersama pasangan yang diusung PPP. Pemberian rekomendasi PPP untuk Murad dan Orno diambil alih DPP PPP.

Deklarasi pasangan SANTUN sendiri dihadiri ribuan pendukung. Pihak panitia menyebutkan ada sekitar 20 ribu lebih massa yang hadir saat deklarasi SANTUN itu. Massa yang datang dari Kota Ambon dan sekitar itu memenuhi Lapangan Merdeka Ambon di tengah panasnya  terik matahari. Deklarasi pasangan SANTUN juga dimeriahkan dengan hiburan musik artis  local dan  ibukota, diantaranya band D’Masiv. (ADI)