Satgas Covid-19 Ambon: Swalayan IM Paling Sering Melanggar Aturan PSBB

by
Koordinator Bidang Fasilitas Umum Satgas Covid-19 Ambon, Richard Luhukay sebat pelanggaran swalayan masih saja dijumpai pada pelaksanaan PSBB Transisi IX, (16/11). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pelanggaran masih saja dijumpai pada pelaksanaan PSBB Transisi IX. Salah satu yang paling sering terkena sanksi ialah mengani jam buka tutup swalayan inisal IM.

Kepada awak media di ULA Balai Kota Ambon, Koordinator Bidang Fasilitas Umum Satgas Covid-19 Ambon, Richard Luhukay menerangkan Satgas lapangan paling sering menemui keteledoran jam tutup swalayan inisal IM.

“Yang paling sering itu IM. Kita ada bukti otentik. Kita pantau dulu dilihat, kalau bisa ada kesadaran sendiri,” terang richard kepada awak media Senin (16/11/2020) siang.

Dalam setiap operasi acak, timnya masih menjumpai ada satu dua toko atau swalayan yang masih melayanai transaksi lewat pukul 21.00WIT. padahal pembatasan jam dan kelonggoran jam pada PSBB kali ini semata untuk menjaga agar tidak ada kerumunan.

Loading...

Seperti salah satu swalayan di kawasan Urimessing yang mengalami hal serupa. Menurut Richard, ada kalanya pihak toko mengelabuhi petugas dengan cara menutup pintu. Namun transaksi masih berlangsung di dalam dengan membuka akses pintu samping atau pintu belakang.

“Intinya tidak boleh ada transaksi kan. Supaya cegah kerumunan orang. Kalau yang sebelumnya sudah ada yang pakai sistem online. Nah itu tidak apa-apa,” lanjutnya memberi contoh.

Sistem online yang dimaksud ialah pelanggan tidak perlu datang ke toko melainkan semua transaksi secara sistem daring. Tinggal staf atau karyawan yang mengantar barang pemmbelian ke rumah.

“Harapannya ini menjadi edukasi. Supaya kita lekas keluar dari pendemi. Intinya tidak boleh ada kerumunan,” tutupnya. (PRISKA BIRAHY)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *