Satgas Covid-19 Kabupaten Diminta Waspadai Pergerakan Massa Saat Pilkada

by
Ketua Harian Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang. FOTO : IMAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Empat Kabupaten di Maluku akan menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 di masa pandemi covid-19. Dari empat kabupaten yang menggelar Pilkada, tiga diantaranya kini berstatus zona hijau penyebaran covid-19.

Yakni Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Seram Bagian Timur dan Maluku Barat Daya (MBD). Sementara Kabupaten Kepulauan Aru berstatus zona kuning karena masih ada satu pasien covid-19 dalam  perawatan.

Tidak ingin covid-19 menular saat Pilkada, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku meminta Satgas Covid-19 di kabupaten harus awasi pergerakan orang masuk dari luar daerah.

“Nah ini harus diantisipasi selain penyelenggara Pilkada, juga oleh Satgas setempat, jangan sampai timbul klaster Pilkada akibat pergerakan massa,”kata Ketua Pelaksana Harian Satgas  Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang saat Talkshow bersama Terasmaluku.com di ruang kerjanya, Jumat (23/10/2020).

Loading...

Apalagi biasanya, jelang Pilkada sering terjadi mobilisasi massa masuk ke kabupaten yang menggelar Pilkada. Karena itu, Kasrul menegaskan pentingnya pengawasan terhadap pergerakan orang, serta peningkatan pengawasan protokol kesehatan agar mobilisasi warga yang masuk tidak membawa virus corona.

“Misalnya Kabupaten Bursel yang saat ini zona hijau,  jangan sampai awalnya tidak ada kasus tapi karena ada Pilkada terus ada mobilisasi warga dari luar daerah masuk sehingga bawa virus ini masuk, ini yang harus diwaspadai oleh Satgas dengan peningkatan pengawasan protokol kesehatan,”ujarnya.

Disamping itu, pentingnya penerapan protokol kesehatan juga sangat berpengaruh terhadap status zonasi daera.

Kasrul meminta Satgas Covid-19 di kabupaten yang mengelar Pilkada tidak boleh lengah. “Karena kalau lengah maka bisa saja zona berubah karena ada yang terpapar,”tandasnya. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *