Satgas COVID-19 Malut Puji Penerapan Protokol Kesehatan di Pulau Taliabu

by
Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Maluku Utara, melakukan pengecekan keseriusn pemerintah daerah setempat dan memberi pujian, terutama dalam penerapan protokol kesehatan di Kabupaten Pulau Taliabu, Senin (5/4/2021) ANTARA/Abdul Fatah

TERASMALUKU.COM, TALIABU,- Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Utara melakukan pengecekan keseriusan pemerintah daerah dan memberi pujian, terutama dalam penerapan protokol kesehatan di Kabupaten Pulau Taliabu.

“Kami mengapresiasi atas keseriusan pemerintah dan kedisiplinan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 dan hal ini harus menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain di Malut, khususnya guna menerapkan hal yang sama dalam rangka mengakhiri penyebaran COVID-19 di tengah upaya vaksinasi massal yang saat ini mulai dilaksanakan secara bertahap,” kata Wakil Ketua Satgas COVID-19 Malut Kolonel Inf Wawan Subarjo dihubungi di Taliabu, Senin.

Wawan yang juga Kasrem 152/Babullah itu bersama Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Malut melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pulau Taliabu.

Kabupaten Pulau Taliabu sendiri merupakan satu-satunya kabupaten di Malut yang masuk dalam zona hijau dan sampai saat ini tidak memiliki kasus aktif COVID-19.

Dalam kunjungan tim Satgas COVID-19 itu, diawali dengan peninjauan vaksinasi yang dilaksanakan di RSUD Taliabu dan Puskesmas Bobong yang saat ini menyasar TNI, Polri, ASN dan lansia.

Dalam kesempatan tersebut Pemkab Pulau Taliabu menyampaikan bahwa keterbatasan jumlah vaksin yang saat ini menjadi kendala, disamping itu antusiasme masyarakat untuk menerima vaksin sangat tinggi.

“Namun dengan segala keterbatasan yang ada kami belum dapat akomodir dan persoalan tersebut sudah disampaikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi,” katanya.

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan pemantauan kepatuhan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan terutama penggunaan masker.

Terpantau tingkat penggunaan masker oleh masyarakat di beberapa fasilitas publik seperti pasar, perbankan dan lokasi pusat perbelanjaan terbilang sangat baik.

Terpantau hanya satu atau dua yang tidak menggunakan masker dari sekian ratus masyarakat yang ada di lokasi tersebut. Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan pembagian masker.