Satgas Covid-19 SBT Perketat Penyekatan di Pelabuhan Bula

by

TERASMALUKU.COM,-BULA-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kembali memperketat penyekatan penjagaan di pintu masuk Pelabuhan Bula, Kecamatan Bula Kabupaten SBT.

Penyekatan ini dilakukan untuk pemeriksaan semua pengguna  kendaraan yang masuk maupun keluar dari Kota Bula. Penyekatan berlangsung selama masa larangan mudik Lebaran mulai Jumat, 7 Mei hingga Sabtu, 8 Mei 2021.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) SBT Jafar Kwarumaratu memantau langsung posko penyekatan di Pelabuhan Bula pada Sabtu (8/5/2021).

Di Posko ini, petugas gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan dan Kesbangpol itu berupaya mengantisipasi pemudik yang melintas lewat alur laut maupun darat.

Ini dilakukan sebagai upaya penjaringan awal bagi pemudik yang berasal dari luar Kota Bula. Setelah melalui penjaringan, warga yang melintas harus melewati pemeriksaan identitas dan surat-surat kendaraan terlebih dahulu. Petugas Satgas Covid-19 juga melakukan pembagian masker kepada warga.

“Pagi itu ada dua mobil dengan tujuan ke Masohi, Katong (kami) perintah untuk kembali mengurus semua surat yang menjadi keperluan perjalanan di musim Pandemi Covid-19. Karena mereka tidak memiliki surat lengkap,” kata Plt Dinas Kesehatan, Samaun Rumakabis kepada Terasmaluku.com, Sabtu (8/5/2021).

Samaun mengatakan, dengan kondisi SBT yang hingga kini masih zona hijau, harus dipertahankan.

“Maka saya menghimbau bagi semua masyarakat tetep taat protokol kesehatan. Memakai masker, mencuri tangan dan menjaga jarak,” ucap Samaun. (Sofyan)