Satgas Covid Tual : Lebih Baik di Rumah, Kalau ke Lokasi Wisata Wajib Taat Protokol Kesehatan

by
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Pemkot Tual, Mochsen Ohoiyuf. Foto: Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tual menghimbau masyarakat di Kota Tual lebih baik berdiam diri di rumah saat libur panjang pekan depan. Berlibur di rumah merupakan pilihan terbaik mengisi libur panjang di masa pandemi covid-19.

Ini dimaksudkan agar mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kota Tual yang saat ini masih mewabah.

“Upaya-upaya yang kita lakukan, kita menghimbau masyarakat kalau bisa berdiam diri di rumah dan hindari kerumunan. Kita selalu himbau itu dari Satgas,”ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Tual, Mochsen Ohoiyuf kepada Terasmaluku.com, Jumat (23/10/2020).

Sebagaimana diketahui, pekan depan terhitung 28-31 Oktober dan 1 Oktober adalah libur panjang. 28 dan 30 Oktober cuti bersama yang ditetapkan pemerintah, 29 libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW sedangkan. Sedangkan 31 Oktober dan 1 November adalah Sabtu dan Minggu, akhir pekan.

Apalagi Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar daerah-daerah melakukan upaya-upaya pencegahan sehingga pasca libur panjang tidak terjadi peningkatan kasus terutama dari klaster lokasi wisata.

Namun kata Mochsen, jika masyarakat ingin berlibur dengan mengunjungi lokasi wisata, maka wajib hukumnya patuhi dan taat protokol kesehatan.

“Tapi antisipasi kecolongan masyarakat ini karena kita tidak punya personil yang cukup untuk bisa mengawasi pergerakan masyarakat 1×24 jam dalam beraktivitas, kalau memang dia (masyarakat) sampai ke tempat wisata kita himbau tetap utamakan protokol kesehatan,”sambungnya.

Loading...

Kesadaran masyarakat untuk taati protokol kesehatan ini sangat diperlukan dalam upaya membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran covid-19. Selain itu, lokasi-lokasi wisata di Kota Tual juga sudah dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menyiapkan tempat cuci tangan dan sebagainya.

“Yang jelas kita tetap menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,”tuturnya.

Begitu juga soal kesehatan tubuh, masyarakat juga dihimbau agar menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta teratur, istirahat yang cukup dan tidak begadang. Apalagi begadang untuk hal-hal yang tidak penting.

Karena hal-hal itu juga mempengaruhi daya tahan tubuh atau imun. “Kalau daya tahan tubuh tidak kuat, otomatis virus apa saja akan masuk ke tubuh, bukan hanya corona. Jadi kita himbau masyarakat kalau bisa jangan begadang untuk hal-hal yang tidak penting. Intinya kita terus berupaya dan tidak bosan-bosan memberikan himbauan-hinbauan agar masyarakat taat protokol kesehatan,”jelasnya.

Mochsen nambahkan, semua masyarakat juga diminta untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar masyarakat dan Kota Tual dihindarkan dari covid-19 maupun virus yang lain serta didatangkan berkah, rahmat dan nikmat kesehatan kepada masyarakat yang ada di Tual.

“Jangan lupa kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena segala upaya telah dilakukan tapi kekuatan doa yang menentukan segalanya,”tandasnya. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *