Satgas Ingatkan Wajib Terapkan Prokes Meski Telah Disuntik Dosis Kedua Vaksin Sinovac

by
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-21 orang termasuk Gubernur Maluku, Murad Ismail, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman dan juga Sekretaris Daerah Provinsi Maluku telah divaksinasi dosis kedua vaksin Sinovac Jumat (29/1/2021).

Vaksinasi dosis kedua ini dilangsungkan di RSUp dr. Johanes Leimena Ambon, lokasi yang juga dilaksanakan vaksinasi perdana pada 15 Januari dua pekan lalu.

Loading…

Meskipun telah divaksinasi dosis kedua, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung mengingatkan protokol kesehatan masih tetap wajib terapkan mereka-mereka yang telah disuntik dosis kedua vaksin Sinovac ini agar tidak terpapar Covid.

Alasannya, meskipun sudah divaksinasi dosis kedua, antibodi tidak langsung terbentuk sempurna. Karena untuk pembentukan antibodi ini membutuhkan waktu, bisa tiga minggu, satu bulan bahkan tiga bulan lamanya tergantung dari masing-masing individu.

“Sebab itu vaksin kedua hari ini tetap dianggap belum aman karena antibodi belum terbentuk baru dirangsang untuk terbentuk,”jelasnya kepada terasmaluku.com, Jumat siang.

Dilain sisi, secara massal juga masyarakat belum divaksinasi. “Meskipun dia divaksin (kedua) juga, ketika secara massal belum divaksinasi, tetap melaksanakan protokol kesehatan. Nanti dianggap aman ketika semua masyarakat sudah divaksinasi terjadi health imunity, nah itu baru mungkin sudah melonggar,”sambungnya.

Kembali dijelaskannya, vaksinasi dosis pertama merupakan tahap memperkenalkan tubuh terhadap adanya virus. Barulah pada vaksinasi dosis kedua, tubuh akan diransang lagi membentuk antibodi secara sempurna tapi membutuhkan waktu.

“Yang pertama itu vaksin memperkenalkan tubuh terhadap adanya virus, vaksin kedua untuk merangsang lagi tubuh membentuk antibodi. Dalam proses membentuk antibodi ini butuh waktu, ada yang satu bulan, tergantung individunya, bahkan ada yang tiga bulan ada juga yang tiga minggu sudah terbentuk, itu penelitian pakar kan,”tandasnya. (Ruzady)