Satgas Opster TNI di MBD Timbulkan Toleransi Umat Beragama

by
Ny. Sinay Latelay (baju putih) saat menyajikan  hidangan sahur bagi prajurit TNI di rumahnya, Jumat (18/5/2018).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Satuan Penugasan Operasi Teritorial (Satgas Opster) TNI “Kalwedo” Tahun 2018 hingga Jumat (18/5/2018) masih melakukan kegiatan mereka di wilayah Pulau Kisar Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Dalam pelaksanaannya Satgas Opter melewati Bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Para anggota Satgas yang beragama Muslim menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan suasana berbedah. Selain tetap menggelar operasi, mereka juga tinggal di pemukiman warga Kristiani.

Itulah yang menjadi berkah dan manfaat tersendiri bagi Satgas Opster yang bertugas di wilayah Pulau Kisar. Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah, dimana dalam pelaksanaan sehari-hari dapat menimbulkan toleransi umat beragama yang sangat jarang sekali ditemukan.

Hal tersebut ditunjukkan dengan kerelaan Ny.Sinay Letelay selaku induk semang bagi anggota Satgas Opster di Pulau Kisar. Letelay memasak makanan bagi anggota yang beragama muslim dalam penyiapan hidangan dahur dan berbuka puasa. Di rumah Letelay terdapat 16 prajurit TNI yang tengah menggelar Opster.

“Total ada 16 orang prajurit yang tinggal di beta pung rumah, yang Muslim ada 9 orang dan yang Kristen ada 7 orang, beta merasa berterima kasih kepada pimpinan TNI yang menggelar program Opster TNI di Pulau Kisar. Dan beta merasa senang karena dengan kegiatan ini beta ikut merasakan bertoleransi kepada umat muslim khususnya mereka yang tinggal di beta rumah. Beta menyiapkan kebutuhan mereka selama mereka menjalankan ibadah puasa seperti menyediahkan makanan berbuka dan makanan sahur,” kata Letelay.

Letelay berharap dengan momentum seperti ini, persaudaraan diantara keluarganya dan prajurit TNI tetap terjaga meski nantinya anggota Satgas Opster mengakhiri tugasnya di Pulau Kisar. “Katong su baku kenal, nanti satu ketemu satu dimana saja bisa saling baku sapa lay,”jelas Sinay Latelay setelah menyajikan  hidangan sahur, Jumat (18/5/2018).

Menurutnya Satgas Opster TNI di Pulau Kisar ini sangat penting sehingga masyarakat akan semakin membaik dan besinergi di masa mendatang dan dapat memberi konstribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat.(ADV)