Satgas Opster TNI “Kalwedo” Gelar Penyuluhan Hukum

by
Anggota Satgas Opster TNI “Kalwedo" berfoto bersama warga usai memberikan penyuluhan hukum kepada warga di Aula Desa Wonreli dan Desa Purpura, Rabu (11/4).

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Satuan Penugasan Operasi Teritorial (Satgas Opster) TNI “Kalwedo”  2018 yang dilaksanakan di wilayah Korem 151/Binaiya, Kodam XVI/Pattimura terus melakukan berbagai kegiatan baik fisik maupun non fisik.

Pada Rabu (11/04), Satgas menggelar kegiatan non fisik yakni penyuluhan hukum kepada warga Desa Wonreli Kecamatan Pulau-pulau Terselatan dan Desa Purpura Kecamatan  Kisar Utara Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) di Aula Desa Wonreli dan Desa Purpura.

Serka Daniel Rupidara, pemberi materi mengungkapkan, penyuluhan hukum  ini diberikan kepada warga Pulau Kisar sebagai wujud kepedulian Satgas Opster untuk mengingatkan kembali masyarakat agar sadar akan hukum, karena pada hakekatnya Indonesia adalah negara hukum. Salah satu masalah yang disampaikan Daniel adalah soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Karena itu ia meminta warga untuk tidak melakukan hal tersebut karena akan mendapat tindakan hukum.

“Untuk itu semua masyarakat harus dapat mempedomani hal tersebut, yang paling menonjol di Indonesia ini adalah kasus kekerasan di dalam rumah tangga atau KDRT, beta harus sampaikan dan jelaskan kepada bapak-ibu sekalian agar didalam kehidupan rumah tangga dilarang sekali untuk kita melakukan KDRT segala sesuatu permasalahan dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk mufakat tanpa harus ada kekerasan,”kata Daniel. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan maksud mengingatkan dan mengulas kembali untuk mengetahui akan pengetahuan hukum bagi masyarakat Pulau Kisar.(ADV)