Satgas Pangan Maluku Pastikan Harga Dan Stok Bahan Pokok Aman Saat Ramadhan

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemantauan harga kebutuhan pokok saat ramadhan terus dilancarlan. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan bahan makanan yang berimbas lonjakan harga yang tinggi.
Seperti yang dilakukan Satgas Pangan Maluku yang terdiri dari berbagai divisi Kepolisian Daerah Maluku dan SKPD terkait di hari pertama puasa, Kamis (17/5/2018).

Tim Satgas Pangan turun langsung ke pasar dan distributor besar untuk mengecek langsung harga dan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat Kota Ambon. Satgas Pangan yang dipimpin langsung Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Maluku AKBP Tonny Kurniawan dan petugas Disperindag Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Bulog, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Maluku, Badan Karantina Ambon melakukan pemantauan di sejumlah pasar dan distributor bahan pokok.

Pemantauan dimulai pada Kamis pagi pukul 09.00-15.00 sore. “Hari ini kita turun ke beberapa lokasi. Salah satunya Pasar Mardika. Di sana, Satgas fokus memantau harga harga sembako yang dijual pedagang,” kata Tonny. Menurutnya, selain itu kebutuhan pelengkap lain juga tak luput dari pantauan Satgas.

Seperti hasil pertanian jagung biji, cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, tomat dan buncis mengalami kenaikan harga namun masih dalam batas wajar. “Daging sapi segar, ikan dan telur ayam ras, juga, namun harga masih normal,” imbuhnya.

loading...

Sementara bahan pokok hasil industri seperti minyak goreng, margarin, minyak tanah atau gas elpiji harga jualnya tak alami kenaikan. Stoknya pun aman. Secara umum harga serta stok bahan pangan dan sembako aman dan sanggup memenuhi permintaan masyarakat selama bulan ramadhan.

Tim satgas juga menyambangi salah satu distributor besar yang ada di Paso yakni UD Gema Rejeki. Yakni untuk mengecek beras, tepung terigu, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainya. Dari pantauan tersebut pihaknya memastikan bahan makanan primer selama bulan puasa masih mencukupi kebutuhan. Jalur distribusi masuk dan keluarpun aman tanpa kendala berarti.(BIR)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *