Satgas TMMD 104 Bursel Gelar Kegiatan Pramuka

by
Pembakaran Api Unggung pada Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika di lapangan SMA Negeri 1 Namrole, Kabupaten Bursel, Jumat (16/3/2019) malam. FOTO : PENREM 151/BINAIYA

BERBAGAI kegiatan terus digelar Satgas TMMD ke 104 di Kabupaten Buru Selatan (Bursel). Seperti perkemahan  Pramuka Saka Wira Kartika di lapangan SMA Negeri 1 Namrole, Kabupaten Bursel, Jumat (16/3/2019) malam.

Perkemahan ini dibuka oleh Pabung Bursel Mayor Infanteri Rusdi Rumonin. Sebanyak 40 orang mengikuti Perkemahan Saka Wira Kartika ini. Mereka adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Namrole dan SMK Namrole yang didampingi oleh pembina pendamping dari sekolah masing-masing.

Rusdi mengatakan jiwa nasionalisme siswa siswi SMA/SMK di Kabupaten Bursel tidak diragukan lagi. “Para siswa memiliki semangat tinggi tergambar dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1506/Namlea,” kata Rusdi.

Dalam pekemahan ini, siswa berlatih bersama anggota Satgas TMMD Kodim 1506/Namlea yang merupakan pembina pramuka Saka Wira Kartika. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, karena kegiatan pramuka khususnya Saka Wira Kartika jarang dilaksanakan di sekolah, hanya saat kegiatan sekolah saja wajib pramuka. “Kali ini mereka beruntung pasalnya, para pembina Pramuka Kodim 1506/Namlea menyelenggarakan kegiatan latihan terhadap materi Saka Wira Kartika,” kata Rusdi.

Adapun rangkaian kegiatan selama dua hari latihan ini  diisi dengan materi-materi Kepramukaan dan ketangkasan. Yakni  terdiri dari Navrad, Pioneer dan Ketangkasan Jasmani. Rusdi mengatakan kegiatan pramuka adalah salah satu kegiatan yang sangat wajib dilaksanakan bagi siswa di  sekolah.

“Kegiatan ini bertujuan membangun semangat dan jiwa yang nasioalisme serta sebagai salah satu upaya dalam bela negara, sehingga perlu terus ditingkatkan,” katanya.

Para siswa  mengaku  senang dengan kegiatan pramuka ini. Apalagi dengan pembina langsung dari anggota Kodim 1506/Namlea serta peralatan yang lengkap, sehingga dapat dimanfaatkan dan dipelajari dengan maksimal.

“Kami sangat senang, dengan ini kami akan lebih termotivasi lagi untuk melaksanakan kegiatan Pramuka di Desa kami,” kata salah satu siswa disela istirahat. (ADV)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *