Satgas TMMD Kodim 1507/Saumlaki Gelar Sosialisasi Bahaya Penyakit HIV/AIDS

by
-Satgas TMMD ke-101Kodim 1507/Saumlaki memeriksa kesehatan warga saat sosialisasi bahaya penyakit HIV/AIDS dan Keluarga berencana (KB) di Kantor Desa Wermatang Kecamatan Wermaktian Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kamis (26/4).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Komando Distrik Militer (Kodim) 1507/Saumlaki terus menggelar kegiatan non fisik. Salah satunya memberikan sosialisasi terhadap masyarakat tentang  bahaya penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV), AIDS dan Keluarga berencana (KB) di Kantor Desa Wermatang Kecamatan Wermaktian Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kamis (26/4).

Pjs Pasi Ter, Kapten Ctp Tom Jones Daniel mengungkapkan, ketahui bersama bahwa HIV/AIDS di Indonesia bukan merupakan hal yang baru, sebagian besar masyarakat mengetahui apa itu HIV/AIDS. Namun menurutnya,  masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara penularan  HIV/AIDS itu sendiri.

HIV/AIDS merupakan penyakit yang berbahaya, sudah ribuan orang di muka bumi ini meninggal sia-sia karena HIV/AIDS. “Adapun penyakit ini dapat dicegah dengan menggunakan ABSTAINCE,Puasa Seks, BE FAITHFULL, setia terhadap pasangan, CONDOM, DON’T INJECT, Edukasi, teman , keluarga dan lingkungan,” kata  Dr.Fuly. Sedangkan pelayanan KB merupakan program nasional, untuk itu Pemerintah Desa harus berkomitmen bersama membangun program ini agar berhasil.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan seluruh masyarakat lebih mengerti dan memahami tentang bahaya penyakit HIV/AIDS dan KB. Diharapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan sosialisasi ini nantinya disampaikan kembali kepada keluarga terdekat maupun masyarakat lainnya mau mengajak kepada mereka untuk membiasakan hidup dalam perilaku yang sehat,” kata Daniel. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pasi Ops,Lettu Inf R.Totomutu, Dan SSK, Letda Inf Adiarman, Letda Ckm Utari dan dr. Asar. (ADV)