Satgas Yonif 732/Banau Ajak Warga Lestarikan Danau Ninivala Yang Unik

by
Personel Satgas Yonif 732/Banau Pos Tehoru bersama warga Pulau Seram di tempat wisata Danau Ninivala, Kecamatan Tehoro, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (10/9/2020). FOTO : DISPENAD

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Personel Satgas Yonif 732/Banau Pos Tehoru mengajak warga Pulau Seram untuk melestarikan cagar alam, tempat wisata Danau Ninivala.

Danau Ninivala terletak di Desa Piliana, Kecamatan Toheru, Kabupaten Maluku Tengah. Danau ini berada tak jauh dari pemukiman warga dan
berada pada ketinggian 1.280 meter di atas permukaan laut.

Dansatgas Yonif 732/Banau Letkol Inf Suhendar Suryaningrat dalam keterangan tertulisnya di Waiheru Kota Ambon, Kamis (10/9/2020) mengungkapkan hal itu. Ia menjelaskan Danau Ninivala merupakan danau yang terbentuk secara alami dan sampai sekarang masih terjaga kelestariannya.

Desa Piliana katanya identik dengan “Desa di Atas Awan”. Butuh waktu kurang lebih 30 menit dari kampung terdekat untuk tiba di lokasi Danau Ninivala.

Loading...

Danau ini juga berbeda dari danau-danau yang lain. Danau ini memiliki keunikan berupa air danau yang bergelembung dan dipenuhi asap serta sebuah mitos berupa apabila mandi di danau tersebut dan memikirkan seorang lawan jenis, maka akan berjodoh.

“Maluku memang tempat yang kaya wisata alam yang benar-benar masih alami dan merupakan objek wisata yang potensial untuk meningkatkan kesejahteraan warga di sekitarnya.Apabila dikelola dan dilestarikan dengan baik, tentunya akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung, “kata Suhendar.

Dansatgas menegaskan, selain menjaga keamanan wilayah di Maluku, Satgas juga memiliki kewajiban untuk bersama-sama dengan warga melestarikan budaya dan kearifan lokal.

“Inilah bentuk kepedulian dan tanggung jawab kami untuk menjaga kearifan lokal serta menjalin komunikasi yang baik dengan warga setempat, ” pungkasnya. (Dispenad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *