Satgas Yonif RK 136/TS Dukung Program Jumpa Berlian di Ambon

by
Satgas Yonif RK 136/TS ikut berpartisipasi dalam karya bhakti pembersihan dan revitalisasi Pantai Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Jum’at (20/9/2019). FOTO : PENREM 151/BINAIYA

DALAM rangka mendukung program Jumpa Berlian (Jumat Pagi Bersih Lingkungan) dan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI  Ke-74, Satgas Yonif RK 136/TS ikut berpartisipasi dalam karya bhakti pembersihan dan revitalisasi Pantai Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Jum’at (20/9/2019).

Aksi bersih-bersih pantai bertema “Mangente Pantai Teluk Ambon, Katong Cinta Pantai Ambon Yang Bersih” diikuti oleh 1.500 orang dari unsur TNI/ Polri, instansi pemerintah, komunitas peduli lingkungan, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat Kota Ambon.

“Kegiatan ini merupakan program Kodam XVI/Pattimura dalam rangka menyambut hari ulang tahun TNI yang Ke-74 sekaligus mendukung program jumat pagi bersih lingkungan di Kota Ambon” ujar Lettu Inf. Yudha P.B.F, Pasiop Satgas.

Ia mengatakan pada kegiatan ini, Satgas Yonif RK 136/TS mendapatkan tugas pada sektor 1 Pantai Laha dari 6 sektor yang sudah ditentukan yaitu di sepanjang Pantai Teluk Ambon.

Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 wit diawali apel pengecekan personil dilanjutkan dengan pengarahan tentang mekanisme dan pembagian sektor kerja. Adapun sampah yang terkumpul di Pantai Laha seberat 7,5 ton, terdiri dari sampah plastik seberat 3,2 ton dan sampah non plastik seberat 4,3 Ton.

loading...

“Sebagian besar wilayah Kota Ambon merupakan destinasi wisata domestik yang harus selalu dijaga kebersihan dan keasriannya, mengingat pantai Laha merupakan pintu masuk bagi wisatawan lokal maupun asing yang datang mengunjungi Kota Ambon,”  ungkapnya.

Selain untuk menjaga kebersihan pantai, aksi bersih-bersih pantai seperti ini dapat menyelamatkan ekosistem laut dari limbah sampah yang sulit terurai. “Saya mewakili seluruh personil Satgas Yonif RK 136/TS mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kota Ambon yang sudah berpartisipasi mendukung kegiatan pembersihan pantai ini, semoga jumpa berlian menjadi program unggulan dalam menjaga kelestarian dan keasrian Kota Ambon serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut,” kata Yudha. (ADV)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *