Satu Nelayan Banda Hilang Akhirnya Ditemukan

by
Ketgam. Nelayan asal Pulau Banda, Rizki Wanto (kenakan baju kaos putih dibalik rompi) saat dievakuasi Tim Rescue SAR Banda menuju Pulau Neira, ibukota Kecamatan Banda pasca ditemukan oleh warga Pulau Pisang, (8/9).

TERASMALUKU.COM, AMBON – Rizki Wanto (20), nelayan asal Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah akhirnya ditemukan pasca alami insiden kecelakaan laut di perairan Laut Banda Selasa (8/9/2020) sore bersama dua rekannya, Ari Gani (23) dan Nur Sahidin (30).

BACA JUGA : Longboat Nelayan Banda Tenggelam Saat Mencari Tuna, Satu Orang Belum Ditemukan

Rizki ditemukan oleh warga Pulau Pisang, sebuah pulau kecil yang terletak disisi timur dari Pulau Naira, Ibukota Kecamatan Banda sekitar pukul 18:30 WIT.

Sebelumnya, ketiganya tengah melaut tuna pada koordinat 4° 28.903’S – 129° 58.500’T dan longboat alami kecelakan dan tenggelam.

Dua rekannya, Ari Gani dan Nur Sahidin lebih dulu ditemukan oleh KM. Nggapulu pukul 16:47 WIT yang melintas di perairan sekitar Pulau Ambon ketika akan berlayar  menuju Tual.

Loading...

Namun, Rizki terpisah dari dua rekannya sehingga Tim Rescue SAR Banda diterjunkan untuk melakukan pencarian.

“Sekitar pukul 18:30 WIT  satu  nelayan lagi Rizki Wanto telah ditemukan oleh warga Pulau Pisang. Dia ditemukan dalam keadaan selamat,”jelas Kepala Basarnas Ambon, Djunaidi, Selasa (8/9/2020)  malam via selular.

Saat ini, Rizki  sudah dievakuasi ke Pulau Neira melalui Pelabuhan Banda Neira. “Pukul 20:50 wit Team Rescue Pos SAR Banda menggunakan RIB Milik Pos Sar Banda dari Pulau Pisang tiba di Dermaga Banda Naira bersama korban (Rizki), dengan ditemukannya korban Ops SAR dinyatakan selesai,”tandasnya.

Sementara dua  rekan Rizki, yakni Ari Gani dan Nur Sahidin, kata Djunaidi, masih berada di KM. Nggapulu. ” Mereka  sementara ikut KM. Nggapulu ke Tual, nanti mereka akan balik ke Banda dengan KM. Nggapulu ini juga besok,”pungkasnya. (RUZADY ADJIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *