SBT Vaksinasi Serentak 4 Februari

by
Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT, Malik Ridwan Malaka Yusuf. Foto: Sofyan

TERASMALUKU.COM,-BULA-Dinas Kesehatan (Dinkes) Seram Bagian Timur (SBT) akan memulai Program Vaksinasi Covid-19 di SBT pada Kamis 04 Februari 2021.

Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT, Malik Ridwan Malaka Yusuf mengatakan vaksinasi covid di seantero SBT pada Kamis nanti akan dilakukan serentak. Namun terlebih dahulu diawali dengan pencanangan atau launching yang dipusatkan di RSUD Bula.

Saat launching nanti, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tenaga kesehatan Dinkes SBT menjadi yang perdana divaksinasi.

“Yang sudah siap untuk divaksin, Kepala Kejaksaan Negeri SBT, Kepala Pengadilan Agama Dataran Hunimoa,” ucap Malaka kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (2/2/2021).

Rabu 3 Februari, lanjut Malaka, peserta yang akan menjalani vaksinasi akan jalani pemeriksaan kesehatan terakhir.

“Untuk peserta, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terakhir besok (Rabu). Satu hari jelang vaksinasi,” katanya.

Setelah launching di RSUD Bula, vaksinasi akan dilakukan pada Puskesmas di setiap kecamatan.

Untuk pendistribusian vaksin sinovac ke puskesmas di kecamatan-kecamatan, sebagian dilakukan Selasa malam seperti untuk Kecamatan Pulau Gorom, Kecamatan Gorom Timur, Kecamatan Pulau Panjang, Kecamatan Teor dan Kecamatan Kesuy-Watubela. “Jadi malam ini juga vaksin didistribusikan dengan Kapal Laut KM. Fajar Baru, ke lima kecamatan itu. Dan akan dikawal ketat oleh pihak keamanan,”kata Malaka.

Sementara pendistribusian vaksin sinovac ke kecamatan yang satu daratan dengan Ibu Kota Kabupaten, baru akan dilakukan pada Rabu 3 Februari besok.

“Kita sudah bagi dalam tiga tim. Tim satu dan dua akan melakukan pendistribusian besok. Malam ini, tim tiga yang sudah jalan,”terangnya.

Malaka mengharapkan, setelah Forkompinda, OPD, tenaga kesehatan divamsinasi, masyarakat juga punya kesadaran untuk mengikuti apa yang menjadi program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Diharapkan, masyarakat punya antisipasi dalam proses vaksinasi ini. Karena, vaksinasi merupakan upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Biak dari Pusat hingga ke Daerah,”harapnya. (Sofyan)