Sebanyak 3.206 siswa SMK se Maluku Ikut UNBK

by
Siswa SMK Negeri 7 Ambon mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Senin (3/4). FOTO : ADI (TERASMALUKU)

AMBON- Sebanyak 3.206  siswa  dari  35  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  se Maluku  pada Senin (3/4) pagi  mulai mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).  UNBK SMK berlangsung serentak  di  wilayah  Maluku dan dipantau sejumlah pejabat.

Seperti di  SMK Negeri 7 Ambon yang dipantau  Ketua Panitia UNKB Provinsi Maluku Yunus Kasaweka.  Untuk memulai pelaksanaan UNBK,  Yunus merilis token UNBK di sekolah tersebut. Token sejenis   kode berbaris angka dan huruf sebanyak lima atau enam digit. Token tersebut baru bisa diperoleh bila sudah mendapatkan dari Puspendik, server pusat Kementrian Pendidikan Nasional.

Loading…

“Di Maluku ada 35 SMK yang mengikuti UNKB, dengan jumlah pesertanya sebanyak 3.206 siswa. Pelaksanaan UNBK berlangsung serentak, belum ada laporan ganguan teknis pelaksanaannya,” kata Yunus kepada wartawan di SMK Negeri 7 Ambon.

Ia menyatakan, sejauh ini pelaksanaan UNBK  berjalan aman dan  lancar, tidak terjadi gangguan jaringan sinyal  telkomsel dan listrik padam.  Hubungan internet   dengan server pusat Kementerian Pendidikan Nasional juga lancar.  Diharapkan selama pelaksanaan UNBK tidak terjadi ganguan tersebut.

Yunus  menyatakan, jumlah sekolah yang mengikuti UNBK pada tahun kedua  ini  mengalami peningkatan  sebesar 200 persen dari tahun sebelumnya.   Tahun 2016, yang merupakan tahun pertama UNBK untuk  SMK   hanya sepuluh SMK di   Maluku yang  ikut UNKB,  namun tahun ini naik menjadi 35 sekolah.  “Sedangkan  68 SMK dengan jumlah siswa 2.240 orang masih menggelar ujian nasional seperti biasa, kami harap tahun depan makin banyak lagi  jumlah SMK yang mengikuti UNKB,” katanya.

Yunus juga menyatakan,  SMK yang mengikuti UNKB tidak harus memiliki komputer,  yang terpenting sekolah tersebut sudah siap. Karena UNKB bisa digelar di sekolah lain dengan meminjam kompuer pada sekolah tersebut. (ADI)