Sebelas Balon Gubernur Berebut Rekomendasi NasDem 

by
Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Maluku Abdul Azis Latar

TERASMALUKU.COM,AMBON- Sebanyak  11 bakal calon (Balon) Gubernur Maluku mendaftar  di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Maluku. Mereka akan memperebutkan rekomendasi dari  Partai NasDem. DPW Partai NasDem tengah memverifikasi berkas administrasi pecalonan ke 11 Balon itu.

“Kesebelas Balon Gubernur ini sudah kembalikan berkas pendaftaran, dan kita sementara melakukan verifikasi administrasi berkas Balon. Setelah itu kita kukan penjaringan dan penyaringan kepada seluruh Balon,” kata Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Maluku Abdul Asis Latar Rabu (26/7). Berkas yang diverifikasi itu diantaranya visi dan misi serta peta dukungan politik Balon di wilayah Maluku.

11  Balon itu yakni, Gubernur Maluku Said Assagaff, Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol. Murad Ismail, Bupati Buru Selatan (Bursel) Tagop Soulisa, Bupati Maluku Barat Daya Barnabas Orno, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maluku,  M. Zidik Sangadji, Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan, Herman A. Koedoeboe.  Selain itu,  Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementerian PDT dan Transmigrasi Johozua Max Yoltuwu, mantan Bupati Maluku Tenggara Barat, Bitto S. Temar, ekonom  Julius Latumerissa dan mantan anggota DPR RI  Enggelina Pattiasina.

Loading...

Latar  menyatakan, secara normatif dalam penjaringan dan penyaringan itu, DPW Partai NasDem hanya mengusulkan tiga nama Balon ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem untuk disurvei siapa yang layak diusung NasDem. Namun Latar menyatakan, pihaknya akan melakukan komunikasi ke DPP agar Balon yang diusulkan lebih dari tiga nama.  “Secara normatif  hanya tiga nama Balon Gubernur yang akan disulkan ke DPP, tetapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan terobosan politik, sehingga nama yang diusulkan  bisa lebih dari tiga orang,” katanya.

Sementara untuk Balon Wakil Gubernur menurut Latar,  yang mendaftar di NasDem ada tujuh orang.  Yakin Ketua DPW NasDem Maluku, Hamdani Latura,  Ketua Komis A DPRD Papua Barat dari Fraksi Partai Golkar, Rudy Mosez Timisela, mantan Bupati Seram Bagian Timur, Abdullah Vanath, Ketua Komisi A DPRD Maluku dari Fraksi Partai Demokrat,  Melkias  Frans, Bupati Maluku Tenggara Andareas Rentanubun, mantan Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat Lukas Uwuratuw dan birokrat  Ghazali Rahman Salampessy.

Berkas Balon Wakil Gubernur juga sementara diverifikasi.   Partai NasDem sendiri  memiliki empat kursi di DPRD Maluku. Itu berarti menurut Latar, pihaknya harus berkoalisi dengan Parpol lainnya untuk mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur  di Pilkada Maluku 2018. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *