Sebelum Kembalikan Berkas ke NasDem, MI Ketemu Surya Paloh

by
Murad Ismail saat mengambil formulir pendaftaran Balon Gubernur Maluku di DPW Partai NasDem pada Senin (3/7). FOTO : DOK. (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Irjen Polisi Murad Ismai (MI) mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon (Balon) Gubernur Maluku 2018-2023 ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Maluku dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Maluku pada Sabtu (22/7) sore.  MI bahkan menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Jakarta agar memberikan  waktu kepadanya untuk mengembalikan berkas pendaftaran diatas 20 Juli, batas akhir pengembalian berkas. Dan Surya Paloh merestuinya permintaan MI itu.

Komandan Korps Brimob Polri ini awalnya mengembalikan berkas pendaftaran Balon Gubernur ke DPD Partai Demokrat Maluku di kawasan Jalan Karang Panjang Ambon. MI yang didampingi ketua tim pemenangnya, Sam Latuconsina diterima Ketua DPD Demokrat Maluku, E. Roy Pattiasina. MI  menyerahkan berkas pencalonan kepada tim pendafataran Balon Gubernur Partai Demokrat.

MI mengatakan, untuk mendapatkan rekomendasi partai politik,ia sudah melakukan komunikasi dengan seluruh pimpinan partai politik di tingkat pusat yang ia daftar. Sehingga MI yakin akan mendapatkan rekomendasi seluruh partai yang ia daftar. “Saya sudah berkomunikasi dengan seluruh pimpinan Parpol. Karena itu saya optimis dan yakin akan mendapatkan seluruh partai politik yang sudah saya daftar,” kata MI kepada wartawan di Kantor DPD Partai Demokrat Maluku.

Untuk Balon Wakil Gubernur, MI belum mau membukanya ke publik. Namun ia menyebutkan kriteria pendampingnya harus memiliki komitmen, jujur dan dicintai masyarakat Maluku. “Pastinya wakil saya itu harus punya komitmen yang baik dan jujur, jangan siang bicara lain malam sudah lain lagi,” ujarnya.

MI juga menyebutkan, saat ini dirinya sudah melirik enam nama Balon Wakil Gubernur Maluku yang bisa mendampinginya untuk bersaing di Pilkada Maluku 2018 nanti. Namun, nama-nama tersebut belum bisa diberitahukan setelah survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) dilakukan. “Nanti tunggu hasil survei LSI, setelah itu saya sampaikan,” katanya.

MI  menyerahkan berkas ke  Partai Demokrat Maluku

Setelah dari Partai Demokrat, MI langsung mengembalikan berkas pendaftaran ke DPW Partai NasDem Maluku. Ia diterima fungsionaris DPW NasDem Maluku. MI menyatakan, sebelum mengembalikan berkas pendaftaran, ia  ketemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Jakarta pada Rabu (19/7). Kepada Surya Paloh, ia minta agar diberi waktu kepadanya untuk mengembalikan berkas pendaftaran ke DPW NasDem Maluku pada Sabtu (22/7).

Waktu pengembalian berkas pendaftaran di DPW NasDem Maluku sendiri sampai Kamis (20/7). Karena pada tanggal tersebut, MI sementara berada di Surabaya untuk tugas dinas.  MI menyatakan,apa yang ia lakukan itu untuk menghormati proses politik di Partai NasDem. Saat itu, Surya Paloh merestuinya.

“Saya menghadap ke Pak Surya Paloh di Jakarta, saya sampaikan ke beliau, mohon beri waktu ke saya untuk kembalikan berkas ke NasDem pada 22 Juli, karena sebelum tanggal itu saya sementara di Surabaya. Dan Pak Surya menyatakan ke saya, silahkan nanti disampaikan ke NasDem Maluku ,” kata MI dihadapan fungsionaris Partai NasDem Maluku saat mengembalikan berkas.

Mengenai hal ini, MI menyatakan, ia tidak diistimewakan Partai NasDem. Ia menghormati proses dan pentahapan di NasDem, karena itulah ia mengembalikan berkas pendaftaran ditengah kesibukannya menjalankan tugas negara. “Saya menghormati proses di Partai NasDem karena itu saya kembalikan berkas pendaftaran.  Partai NasDem sangat konsisten untuk membuat perubahan di negara ini. Partai NasDem memiliki visi dan misi yang sangat bagus, sangat jelas untuk membuat perubahan. Dan visi dan misi ini sama dengan visa dan misi saya membuat perubahan di Maluku,” katnya.

Selain politik tanpa mahar saat mendaftar, Partai NasDem Maluku satu – satunya yang mewajibkan setiap Balon datang sendiri baik saat mengambil formulir pendaftaran maupun saat mengembalikan berkas pendaftaran. MI menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada jajaran Partai NasDem Maluku yang menerimanya.

Catatan Terasmaluku.com, dari sekian Parpol yang didaftarkan MI, hanya di Partai NasDem, MI datang langsung baik saat mengambil berkas pendaftaran maupun saat mengembalikan berkas. Namun selama dua kali MI datang, Ketua DPW Partai NasDem Maluku Hamdani Laturua selalu tidak berada di tempat. “Pak Ketua Wilayah sementara menjalankan tugas – tugas kepartaian di luar kota,” kata seorang funsionaris NasDem Maluku saat menerima MI mengembalikan berkas. (IAN)