Sebelum Vaksinasi Covid, Satgas dan Dinkes Maluku Pastikan Akan Sosialisasi 

by
Ketua Harian Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang. FOTO : IMAN

TERASMALUKU.COM-AMBON-Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang memastikan sebelum vaksinasi covid dilakukan, terlebih dahulu masyarakat yang akan yang menjadi prioritas vaksinasi ini akan diberikan sosialisasi.

Untuk diketahui, Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 84 Tahun 2020 disebutkan prioritas penerima vaksin pertama tidak hanya tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan tenaga penunjang yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya.

Tokoh masyarakat/agama, pelaku perekonomian strategis, perangkat daerah kecamatan, perangkat desa, dan perangkat rukun tetangga/rukun warga masuk dalam prioritas.

Begitu juga dengan guru/tenaga pendidik dari PAUD/TK, SD, SMP, SMA,atau setingkat/sederajat, dan perguruan tinggi; d.aparatur kementerian/lembaga, aparatur organisasi perangkat Pemerintah Daerah, dan anggota legislatif.

Dan prioritas lainnya adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi dan masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya.

“Insha Allah pertengahan Januari sudah mulai sosialisasi ke kita punya tenaga-tenaga penyuluh,”jelasnya menjawab terasmaluku.com via seluler Selasa (29/12/2020).

Setelah itu, barulah tenaga penyuluh akan melanjutkan memberikan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat. “Tenaga penyuluh itu yang akan melanjutkan (sosialisasi) ke masyarakat, bisa melalui penyuluh kesehatan, penyuluh agama, penyuluh BKKBN dan sebagainya,”sambungnya.

Kadis Kesehatan Maluku dr. Meikal Pontoh. FOTO : ISTIMEWA

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meikal Pontoh juga memastikan terkait vaksinasi covid ini akan diberi sosialissi kepada masyarakat terlebih dahulu.

“Nanti akan disosialisasi dulu oleh Satgas, Dinkes Provinsi maupun kabupaten/kota dan lain-lain,”jawabnya via pesan singkat WhatApps kepada Terasmaluku.com Selasa (29/12/2020) (Sofyan Kastela)