Sehari Setelah Jerinx SID Terima Tantangan Covid-19, Gubernur Belum Merespon

by
Tangkapan layar unggahan drummer SID Jerinx di akun instagramnya yang menerima tantangan Gubernur Maluku tinggal serumah dengan pasien covid-19, (19/6).

TERASMALUKU.COM,AMBON, –  Sehari setelah drummer Superman Is Dead (SID) I Gede Ari Astina atau tenar dengan nama Jerinx SID menerima tantangan Gubernur Maluku dalam unggahan instagramnya, belum mendapat respon dari Gubernur.

Gubernur Maluku, Murad Ismail sebelumnya dalam keterangan pers pada Senin 15 Juni 2020 menantang warga yang tukang kritik Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk tinggal serumah dengan pasien Covid-19.

BACA JUGA : Gubernur Maluku Minta OKP Ikut Bantu Pemerintah Atasi Covid-19

Hal itu lantas menjadi viral. Bahkan tak disangka berita yang dimuat Terasmaluku.com itu sampai juga di telinga Jerinx. Tak butuh banyak waktu dia lalu mengunggah postingan judul berita tersebut lalu menyertakan kutipan yang isinya adalah menerima tantangan Gubernur Maluku.

BACA JUGA : Gubernur Tantang Warga Tukang Kritik Gugus Tugas Tinggal Serumah Dengan Pasien Covid-19

TONTON  : Ini Video Gubernur Tantang Tukang Kritik Tinggal Serumah Dengan Pasien Covid-19

Sayangnya, hingga Kamis (18/6/2020) kemarin belum ada kejelasan untuk dapat menemui gubernur. Terasmaluku.com sempat menghubungi Karo Humas dan Protokoler Provinsi Maluku, Melky Lohy dan Stafsus Gubernur Maluku, Aziz Tuny untuk mendengar langsung respon sang gubernur. Hasilnya, hingga berita ini dimuat belum ada tanggapan melalui pesan singkat whatsapp yang dilayangkan kepada Melky dan Azis.

Padahal publik semua menanti tanggapan organik Gubernur Maluku Murad Ismail. Apalagi Jerinx dalam unggahannya menulsikan kutipan yang bernada ‘keras’ terhadap orang nomor satu di Provinsi Maluku itu. Yakni, Tantangan anda @murad.ismail11 saya terima dengan syarat,

  1. Berikan saya surat pengantar bebas rapid test yg saya perlukan saat beli tiket pesawat. Kita semua tahu rapid test akurasinya NGAWUR.
  2. Jika setelah saya jalani tantangan anda @murad.ismail11saya baik-baik saja, saya harap anda mundur jadi Gubernur
    Deal? Saya tunggu respon anda via DM.

https://terasmaluku.com/gubernur-tantang-warga-tukang-kritik-gugus-tugas-tinggal-serumah-dengan-pasien-covid-19/
Yuk tag @murad.ismail11 yg banyak supaya dia BACA.

Postingan yang meraih atensi like sebanyak 60.460 dan 2.706 komentar itu, tak kunjung mendapat respon langsung.

Loading...

Dari unggahan viral itu menjadikan Jerinx orang pertama yang menerima tantangan Gubernur Maluku dan sekaligus menjadi orang dari luar Maluku yang meresponi pernyatan tersebut. Tak dinyana hal itu turut membakar beberapa anak muda Maluku yang tinggal di Kota Ambon untuk bersuara.

Salah satunya Vigel Faubun. Pria yang aktif dalam komunitas budaya di Maluku itu turut memberi pernyataan sikapnya pada halaman facebook miliknya.

Beta siap bu asal seng perlu ada RAPID TEST deng SWAB,, lalu kalo selesai dari apa yg Gub pertaruhkan,,? Kalo ucapan danke malas,, tapi kalo lapas jabatan beta siap 100%.
Beta siap gabung deng Jerinx SID.

Saat wartawan menanyakan alasannya menerima tantangan tersebut, Vigel memberi pernyataan tajam soal itu. “Jujur aksi beta ini tindakan, protes terhadap pemimpin Maluku. Yang namanya Anak Maluku harus berani ambil keputusan. Jangan cuma menggonggong tanpa menggigit. Dan kebanyakan Gubernur Maluku buat statement yang banyak kesalahan. Statement itu yang beta ingin tantang,” jelas Vigel kepada Terasmaluku.com saat dihubungi via telepon Kamis (18/6/2020).

Menurutnya, dia perlu membuktikan terkait sebarapa bahayanya covid-19. Dia menyangsikan kebenaran yang selama ini terpampang kepada masyarakat Maluku. Itu berangkat dari kejadian salah satu tetangga di komplek rumahnya yang didiagnosa covid-19.

Padahal menurut Vigel, orang tersebut sejak lama menderita penyakit jantung. “Ibu yang sakit karena penyakit lama pas masuk rumah sakit tes nyatakan positif. Waktu itu di Rumah Sakit Tentara lalu dialihkan ke RSUD. Tiga hari berjalan ternyata keluarga ngotot untuk tes ulang ternyata hanya sakit jantung dan seng positif covid. Swab pun negatif,” keluhnya.

Dia menilai, kejadian ini semacam menguatkan dirinya akan ada sesuatu di balik penademi virus corona di Maluku. Tak hanya itu sikap Gubernur saling lempar antara pihak Pemerintah Provinsi dan Walikota Ambon juga disesalkan. Harusnya kata dia, dua pihak ini bekerjasama membantu rakyat dan bukan saling  perang pernyataan dan lempar tugas.

“Panas lha. Masa orang luar bisa terima tantangan. Masa anak Maluku asli tidak. Ini pukulan telak kepada gubernur supaya tidak kecolongan berbicara. Tindakan yang beta buat adalah beta siap mendongkrak. Ini pikiran beta saja, jangan sampi Jeryx dia lolos, bisa saja terjadi pembunuhan dengan cara lain. Otomatis beta akan siap untuk jadi tim kerjanya Jeryx. Beta juga ingin sama-sama membuktikan,” tegasnya.

Selain Vigel ada juga pemuda lain yang turut memberi pernyataan terbuka menerima tantangan gubernur Maluku. Josy Marubun menulis pada akun facebook-nya;

Kalau Gubernur saja GERAM, bagaimana dengan rakyatnya pak? Beta pribadi siap terima tantangan bapak. 1 hal beta terima asal bapak ijinkan beta live seperti apa sih karantina itu??? dan 1 penting, dokumen positif dari pusat beta mau lihat dan live aja ke masyarakat Maluku, pak gubernur. Itu aja seng banyak… Beranikah bapak terima tantangan???? Kalau berani kita dil-dilan, nomor hp beta pak ini: 0885243xxxxx.

Kini tinggal menunggu tanggapan Gubernur Maluku terkait bola panas yang terlanjur meluncur dan direspon oleh publik. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *