Sekarang Bisa Lapor Jika Ada SMS Masuk Minta Kirim Uang

by
Masyarakat sekarang sudah bisa melapor ke OJK jika menerima pesan singkat untuk mengirim sejumlah uang ke nomor rekening tertentu. FOTO: PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Belakangan makin marak pesan singkat berisi instruksi mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening tertuntu. Dalam sehari bisa lebih dari tiga pesan yang masuk acak dari nomor tak dikenal. Untuk menghindari terjadi penipuan, masyarakat sekarang sudah bisa melaporkan pesan itu untuk segera ditindak melalui lembaga Otoritas Jasa Keuangan daerah.

Laporan dari masyarakat itu akan diproses dan diteruskan kepada pihak bank yang bersangkutan. Pelaporan dari masyarakat kepada pihak OJK atau langsung ke bank tersebut akan membantu pelacakan dan identifikasi tindak kejahatan.

“Kalau ada sms masuk bisa langsung laporkan ke OJK. Kami akan teruskan ke pihak bank,” kata Kepala OJK Provinsi Maluku Bambang Hermanto kepada Tarasmaluku.com di ruangannya Senin (19/11/2018) siang. Pelaporan itu berguna untuk pemeriksaan nomor rekening yang dipakai si pengirim SMS. Pihak bank akan memindai nomor nomor tersebut untuk melihat ada kemungkinan mencurigakan.

loading...

Semisal nomor rekening yang dipakai itu merupakan bagian dari sindikat money laundering. Cara itu juga untuk melindungi nasabah atau konsumen dari bahaya penipuan. “Sekarang kan banyak kayak gitu. Mungkin pas lagi kosong pikirannya bisa dipengaruhi dan dikuras uang mereka,” lanjutnya.

Bambang termasuk salah satu yang pernah menerima pesan singkat seperti itu. Setelah dirinya melapor pihak bank akhirnya menelusuri nomor rekening tersebut. Ternyata nomor rekening itu ada di Aceh. Kuat dugaan kelompok penipu itu sengaja memakai nomor rekening yang jauh dari jangkauan.

Bisa saja penipunya di Ambon namun nomor yang dipakai adalah di Kalimantan. Bambang berharap masyarakat lebih cerdas dan cermat. Bila ada sms masuk segera laporkan melalui layanan pesan sinkat ke FCC OJK di 157 atau screen capture SMS tersebut dan kirim melalui email ke konsumen@ojk.go.id. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *