Sekarang Bisa Lapor Meter Listrik Melalui Pesan Singkat

by
SUMBER: galamedia.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Warga Maluku kini tidak perlu lagi repot dalam melapor meter rumah. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) telah menyiapkan layanan Lapor stand meter mandiri (Baca Meter Mandiri) melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA). Dengan begitu pelapopran dapat dilakukan secara mandiri yang bisa dilakukan setiap tanggal 24-27 setiap bulannya.

“Pelaporan mandiri pelanggan yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik. PLN 123 dengan nomor 08122123123,” sebut Manager Komunikasi PLN, Ramli Malawat, Rabu (24/6/2020).

Dia menjelaskan jika pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, PLN akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan, apabila lokasi rumah pelanggan tidak bisa didatangi oleh petugas dan pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri melalui WhatsApp. Sebagai alternatif PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik.

Implikasinya akan ada penyesuaian tagihan rekening listrik ketika nantinya petugas PLN berhasil melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan tersebut. “Tidak menutup kemungkinan, potensi pelanggan tidak terbaca masih ada, karena ada wilayah yang ditutup karena protokol Covid-19, atau rumah terkunci atau rumah kosong. Tentu PLN tidak bisa melakukan pencatatan. Jika demikian PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar tagihan rekening listrik,” imbuh dia.

Loading...

Sementara untuk pembayaran listrik atau pembelian token, PLN juga mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan layanan online dalam melakukan pembayaran tagihan atau pembelian token listrik.

PLN Pastikan Layanan Kelistrikan Tetap Berjalan Selama PSBB di Ambon. Di samping itu, PLN juga memastikan pelayanan kelistrikan bagi pelanggan tetap berjalan selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon.

Sesuai dengan Peraturan Walikota Ambon Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB pasa 14 dijelaskan bahwa Kantor atau Instalasi terkait Utilitas kelistrikan, pembangkit ataupun tranmisi tetap dapat beroperasi.

Di lain sisi, PLN pun tetap memastikan petugas catat meter listrik PLN kembali sambangi rumah warga. Pihak PLN memastikan para petugas itu akan langsung meter di rumah pelanggan pascabayar. “Itu ditempuh untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik dengan penggunaan listrik oleh pelanggan,” ucap Menejer Komunikasi PLN Ramli Malawat, (24/6/2020).

Pencatatan ini akan digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan listrik di rekening bulan Juli nanti. Namun tentu pembacaan meter dilakukan dengan tetap memperhatikan Pedoman Pencegahan Pengendalian Covid-19 Kementerian Kesehatan RI untuk antisipasi penyebaran Covid-19. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *