Sekda Bursel Lantik Lima Pejabat Kepala Desa di Kecamatan Ambalau

by
Sekda Buru Selatan (Bursel), Sahroel A.E Pawa mengambil sumpah dan melantik lima Penjabat Kepala Desa di Kecamatan Ambalau, di Aula Kantor Camat setempat, Selasa (27/3).

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE – Sekda Buru Selatan (Bursel),  Sahroel A.E Pawa mengambil sumpah dan melantik lima Penjabat Kepala Desa di Kecamatan Ambalau, Bursel di Aula Kantor Camat setempat, Selasa (27/3). Lima Penjabat Kepala Desa yang dilantik itu yakni, Pejabat Kepala Desa Lumoy, Ahmad Sowakil, Pejabat Kepala Desa Elara, Ibrahim Polpoke, Pejabat Kepala Desa Siwar, Samsu Mahu, Pejabat Kepala Desa Selasi, Yahya Lesilawang dan  Pejabat Kepala Desa Lumoy, Syawal Belatu.

Pelantikan dihadiri oleh sejumlah pimpinan SKPD, Camat Ambalau, Murad Loilatu, tokoh adat, tokoh agama serta  tokoh masyarakat di wilayah itu.  Sekda Bursel mengungkapkan, pelantikan penjabat kepala desa bertujuan agar penyelenggaraan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan di desa setempat tetap berjalan normal sebagaimana yang diharapkan.

“Ini amanat UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Pelantikan Pejabat Kepala Desa yang dilakukan saat ini telah diatur dalam Perundang – undangan, bahwa terjadi kekosongan jabatan kepala desa, maka Bupati mengakat pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten yang dianggap mampu dan cakap sebagai pejabat kepala desa, “ kata Pawa.

Pawa menjelaskan, ada empat tugas pokok seorang penjabat kepala desa yakni, menyelenggarakan pemerintah desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, semua itu  harus berjalan dengan baik dalam upaya peningkatan kesejatraan masyarakat desa.

“Pejabat kepala desa yang baru saja dilantik juga mengemban satu tugas khusus yakni menyiapkan proses pemilihan kepala desa defenitif, yang direncanakan pada Tahun 2018 nanti, “tutur Pawa. Ia  menegaskan, kepada penjabat kepala desa yang baru dilantik agar dapat bekerjasama secara baik dengan unsur BPD serta seluruh komponen masyarakat dalam rangka menjalankan aktivitas pembangunan di desa. (FIK)