Sekda Bursel Lantik Penjabat Kepala Desa Kampung Baru

by
Sekda Bursel bersama Penjabat Kepala Desa Kampung Baru dan tokoh masyarakat. FOTO : TAUFIK (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,- NAMROLE – Sekda Kabupaten  Buru Selatan (Bursel) Sahroel A.E Pawa melantik dan mengambil  sumpah Penjabat Kepala Desa Kampung Baru Kecamatan Ambalau Bursel, Saleh Lesilawang mengantikan, M. Mamur Lesilawang, berlangsung di Balai Adat setempat, Sabtu  (2/12).

Pelantikan  dihadiri Kabag Pemerintahan Setda Bursel, Ridwan Nyio, Pimpinan SKPD Bursel, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga desa.  Pelantikan berlangsung sakral, dengan nuansa pemerintahan  dan tradisi adat.

Sekda Bursel, Sahreol A.E Pawa dalam sambutannya menyatakan, pelantikan Penjabat Kepala Desa Kampung Baru bertujuan agar penyelenggaraan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan di desa setempat tetap berjalan normal sebagaimana yang diharapkan. Hal itu sesuai dengan UU No.6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pelaksanaannya dalam Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 2014.

Sekda menegaskan, kepala desa yang baru dilantik diharapkan melaksanakan tugas dan bertanggung jawab secara optimal, mampu mengambil langkah-langkah strategis untuk dapat mengembangkan dan memanfaatkan potensi desa yang dimiliki.

“Untuk itu, kepala desa harus menjalin kerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra kerja dan melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam menyusun strategi kebijakan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembangunan tingkat desa,“ kata Pawa.

Ia mengatakan, Pejabat Kepala Desa yang baru dilantik mengemban salah satu tugas khusus yakni, menyiapkan proses Pemilihan Kepala Desa Defenitif, yang direncanakan pada 2018. Mengakhiri sambutannya, Pawa menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Kampung Baru yang telah mendukung dan melaksanakan program pemerintahan dalam rangka pelayanan masyarakat ditingkat desa.(FIK)