Sekda Bursel Sambut Kedatangan 49 Jamaah Haji

by
Sekda Buru saat menyambut jamaah haji yang tiba di Kota Namrole, Kamis (21/9). FOTO : OFIK

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE– Sekda Kabupaten Buru Selatan (Bursel),  Sahroel Pawa menyambut kepulangan 49 Jamaah Haji asal  Bursel. Penyambutan  berlangsung meriah di Aula Kantor Bupati Bursel, Kamis  (21/9).  Sebelumnya, kedatangan para jamaah haji dengan KM. Pangorango di Pelabuhan Namrole, Bursel, disambut tarian hadrat. Suasana  haru bercampur bahagia dari para keluarga yang menjemput para jamaah haji itu.

“Pemkab Bursel bersama masyarakat mengucapkan selamat datang kepada jemah haji yang telah tiba dengan selamat dalam menjalankan ibadah di Tanah Suci Mekkah, almukaromah. Semoga menjadi haji yang mabrur serta menjadi tauladan bagi masyarakat Bipolo (Bursel) ke depan,” kata Sekda saat menyambut para jamaah haji.

Ia  mengungkapkan, pada musim Haji Tahun 2017/1438, Kabupaten Bursel mendapatkan keberkahan, karena memperoleh tambahan kuota haji yang cukup membanggakan sebesar 51 orang.  Namun saat hendak diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, seorang jamaah mengalami sakit,  tidak dapat diberangkatkan. Sehingga  hanya 50 orang saja yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah, dan seorang jamaah meninggal dunia, atas nama  almarhum La Haji Wance,  tersisa 49 orang jamaah.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat, saya mengharapkan doa dari para jamaah semoga almarhum diterima amal ibadahnya disisi Allah SWT. Saya berharap di tahun yang akan datang ada penambahan kuota bagi jamaah haji dari Bursel, sehingga masyarakat yang sudah merasa sanggup, Insa Allah dapat menunaikan ibadah haji, “ katanya.

Kepala Kandepak Bursel, Usman Bahta mengatakan, dalam keputusan Gubernur Maluku No 90 tahun 2017 tanggal 9 Maret 2017, Kabupaten Bursel mendapatkan kuota Sebanyak 45 orang, ditambah dengan lansia 6 orang menjadi 51 orang.

Bahta menjelaskan, pelaksanaan ibadah haji pada musim haji tahun 2017 memang ada sedikit berbeda dengan tahun – tahun yang lalu, karena adanya tambahan kuota  haji 20 persen bagi Indonesia. Sehingga jamaah Maluku itu kemudian dari 750 dinaikan menjadi kurang lebih 1.090 jamaah haji sesuai keputusan Gubernur Maluku tahun 2017.

“Kabupaten Bursel pada tahun – tahun kemarin hanya berjumlah kurang lebih 13 orang pada musim haji, tahun 2017 menjadi 51 orang jemaah haji. Saya harapkan mudah mudahan kedepan pengembanmgan Kuota ini akan meningkat di 2018,” katanya.(FIK)