Sekretariat DPRD Maluku Ikut Sosialiasi Sensus Penduduk 2020

by
ASN Sekretariat DPRD Maluku mengikuti sosialisasi Sensus Pendukuk, Senin (2/3/3030).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku melakukan sosialisasi Sensus Penduduk 2020 secara online kepada puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Sekretariat DPRD Maluku, Senin, (2/3/2020).“Kita ikuti sosialisasi Sensus Penduduk 2020 secara online yang digelar oleh BPS,”ungkap Kabag Persidangan DPRD Maluku, Hasan Muluk kepada Terasmaluku.com Senin, (2/3/2020).

Menurutnya, Sensus Penduduk 2020 secara online itu salah satu hal yang bijak. Dengan IT ini sangat muda diakses oleh masyarakat. Tidak seperti dulu. Dulu orang mendaftar dengan menggunakan kertas.“Sekarang tidak lagi, sekali pencet tombol di gemgaman langsung terlihat, jadi sangat muda sekali,”kata Hasan.

Loading...

Hasan mengatakan, pada sosialisasi tersebut, BPS minta Sensus Penduduk secara online itu dilakukan secara jujur. Artinya secara fakta dan secara hukum itu berbeda, misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) namun fakta hukumnya pemilik KTP berada di wilayah Kota Ambon.  “Disini kita harus jujur menyampaikan apa adanya sehingga tidak terjadi dobel,”jelasnya.

Jika terjadi dobel lanjut Hasan, maka terjadi penambahan penduduk. Ia juga mengharapkan ASN lingkup DPRD Maluku menginput data-data sesuai di Kartu Keluarga, KTP serta Akta Nikah. “Kalau kita pinda lagi ke kabupaten lain maka data itu di kosongkan dan mendaftar kembali sesuai kota kabupaten yang dimaksud,”jelas Hasan.

Hasan juga menambahkan, sosialisasi sensus penduduk nanti akan dilakukan kembali. Jika pendaftaran yang dilakukan oleh ASN di Sekretariat DPRD Maluku tidak lengkap. (NAIR FUAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *