Selain Buka Kongres HMI 12 Februari, Presiden Juga Hadiri Perayaan Hari Musik di Ambon 9 Maret

by
Gubernur Memberi Sambutan Saat Lauching Buku Biografi Ir. Said Assaaff dan Peluncuran Aplikasi Perpustakaan Digital i-maluku di Islamic Center Ambon, Senin (29/1). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan membuka Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Kota Ambon pada 12 Februari 2018.   Gubernur Maluku Said Assagaff mengungkapkan hal ini saat sambutan lauching buku biografi Ir. Said Assaaff  dan Peluncuran Aplikasi Perpustakaan Digital i-maluku di Islamic Center Ambon, Senin (29/1).

Menurut Gubernur, Presiden Jokowi akan membuka Kongres HMI di Ambon pada 12 Februari bukan 9 Februari. Karena menurutnya, pada 9 Februari, Kepala Negara menghadiri Hari Pers Nasional di Medan, Sumatera Utara. “Saya sudah dihubungi Pak Presiden, beliau  akan membuka Kongres HMI di Ambon pada 12 Maret, karena 9 Februari itu Pak Presiden menghadiri Hari Pers Nasional, setelah itu baru ke Ambon,” kata Gubernur Assagaff.

Selain membuka Kongres HMI, menurut Gubernur Assagaff,  Presiden juga ternyata sudah memiliki dua  agenda  kunjungan lainnya  ke Ambon selama  2018.  Yakni pada 9 Maret 2018, Presiden akan merayakan  Hari Musik Nasional di Kota Ambon. Dan pada Oktober 2018, Presiden Jokowi  dijadwalkan akan membuka  Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparani) Katolik tingkat nasional di Kota Ambon.

“Jadi selama 2018 itu Pak Presiden sudah memiliki tiga agenda kunjungan ke Ambon. Yakni,  12 Februari membuka Kongres HMI, setelah itu pada 9 Maret menghadiri Hari Musik Nasional di Ambon dan Oktober nanti membuka Pesparani Katolik tingkat nasional pertama di Ambon, saya baru dikasih tahu beliau,”  kata Gubernur.

Gubernur mengakui sudah berkoordinasi dengan pihak terkait tentang agenda kunjungan Presiden tersebut. Ia juga minta jajaran Pemerintah Provinsi Maluku sejak dini menyiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan kunjungan Presiden.

Gubernur menyebutkan, untuk kunjungan Presiden membuka Kongres HMI pada 12 Februari, ia masih gubernur. Namun kunjungan Presiden untuk   perayaan Hari Musik Nasional pada 9 Maret, ia sudah cuti karena maju sebagai Calon Gubernur dalam Pilkada Maluku 27 Juni 2018. Sedangkan kunjungan Presiden  membuka Pesparani Katolik, Oktober 2018, Assagaff masih menjabat gubernur.

“Untuk kunjungan perayaan Hari Musik Nasional di Ambon nanti Pak Etty (Zeth Sahuburua) sebagai PLT Gubernur akan mendampingi Pak Presiden. Saya harap Sekda Maluku dari sekarang menyiapkan hal – hal yang terkait kunjungan Presiden,” kata Gubernur Assagaff.

Gubernur juga menyatakan, kunjungan Presiden ke Ambon membuka Pesparani Katolik Oktober akan dimanfaatkan dengan peresmian sejumlah proyek pembangunan di Maluku, termasuk peresmian Gedung Hindu Center dan Budha Center yang dibangun Pemprov Maluku. (ADI)