Selama PSBB Total Denda Pelanggar Protokol Kesehatan Capai Rp 85 Juta

by
Posko pemeriksaan protokol kesehatan di perbatasan Passo Kota Ambon dan Suli, Kabupaten Maluku Tengah. FOTO: Dok. Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Selama masa PSBB total nilai denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 85.000.000. Itupun masih banyak warga yang belum naik sidang. Jumlah tersebut terhitung sejak penerapan PSBB pertama hingga 2 Oktober 2020.

“Total pelanggaran sebanyak 743 dari beberapa kelurahan yang ada di Ambon. Mulai dari PSBB I dan II, PSBB Transisi I – IV,” ungkap Kepala Hukum Kota Ambon,John Slarmanat, Selasa (6/10/2020).

Rinciannya, ada pelanggar individu atau umum, tempat usaha, tempat kerja sebanyak 416 kasus. Dan pelanggar moda transportasi, 327 kasus. “Untuk penindakan di bidang perorangan dan umum baik yang tidak menggunakan masker atau tempat kerja yang melampui jam-jam operasional itu jumlah di PSBB Transisi I hingga IV sebanyak 223,” Terang dia.

Loading...

Menurutnya pelanggaran terbanyak yakni mereka yang tidak memakai masker. Pelanggar perorangan inilah yang paling mendominasi dalam sidang. Meski begitu masih banyak juga pelanggar yang belum memenuhi panggilan sidang di Pengadilan Negeri Ambon. Barang bukti berupa KTP masih ditahan untuk proses selanjutnya hingga pembayaran denda administratif.

Dia menyatakan, agenda sidang pada 2 Oktober lalu tidak berjalan sesuai jadwal lantaran banyak pelanggar yang tidak datang mengikuti sidang. Mereka yang harusnya ikuti sidang ada 181 pelanggar. Baru 75 pelanggar tuntas ikuti sidang dan membayar denda administrasi. Sementara 108 pelanggar lain belum,  dan akan tetap dipanggil kembali. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *