Selamat Datang Jenderal Berhati “Emas” Di Ambon Manise Oleh : Pdt John Ruhulessin

by
Pdt John Ruhulessin

BUKAN baru kali ini ia datang ke Kota Ambon Manise. Ia sudah berkali-kali menapakan kaki di bumi Raja-Raja ini. Tapi kali ini ia datang dengan sebuah sejarah baru, dengan mandat negara yang khusus. Mandat yang berkaitan bukan saja dengan manusia tapi juga alam semesta. Ia kini adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Republik Indonesia.

Letjen TNI Doni Monardo awalnya dikenal publik Maluku sebagai Panglima Daerah Militer (Pangdam) Pattimura. Namanya melambung tinggi dengan program “Emas Biru” dan “Emas Hijau” itu. Sebuah terobosan pada level paradigmatik sekaligus membawa TNI pada pendekatan keamanan yang unik, pendekatan keamanan berbasis kesejahteraan.

Letjen Doni tidak hanya melempar gagasan. Ia turun langsung di lapangan. Menemui para nelayan dan petani memberi motivasi dan dukungan serta solusi. Ia bukan tipe pemimpin belakang meja. Hal ini berkaitan jejak kariernya antara lain Danjen Kopassus RI.

Ia menghadirkan kepemimpinan yang cerdas, merangkul dan mengayomi. Ia tak pernah lupa pada Maluku. Olehnya ketika dimutasi ke Jakarta menjadi Pangdam Siliwangi dan jadi Sekretaris Jenderal Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas) ia masih menunjukan kepedulian dan kecintaan kepada Maluku dan Maluku Utara. Salah satu bukti monumentalnya adalah Sarasehan Nasional tentang Perdamaian dan Resolusi Konflik yang berlangsung di Jakarta 2018. Sarasehan itu mengajak seluruh warga bangsa untuk belajar dari Maluku dan Maluku Utara dalam mengelola dan merawat perdamain.

Saat ini ia datang kembali ke kota Ambon. Kota yang dicintai dan mencintainya. Kota yang menerimanya sebagai “warga kehormatan kota Ambon Manise”. Ia tetap seorang pribadi yang bukan saja gagah dan perwira secara fisik tetapi juga berwibawa dan membawa aura optimisme.

Tugas yang diembannya tidak ringan. Berbagai bencana yang terjadi di tanah air memberi tantangan tersendiri baginya dan BNPB RI. Tapi mengikuti rekam jejak dan komitmennya yang kuat serta pengalaman bersama dengannya, saya yakin ia sanggup mengelola semua itu. Mengubah bencana menjadi cerita indah. Cerita orang-orang yang tegar, bangkit dari keterpurukan, tangguh dan optimistik. Membuat Indonesia makin tangguh dan berjaya.

Selamat datang di Kota Ambon Manise Letjen Doni. Selamat menjalankan tugas mulia yang dipercayakan negara kepadamu. Tetaplah menjadi yang terbaik untuk kemanusiaan dan untuk masyarakat. Kelak sejarah akan mencatat semua kiprah dan baktimu bagi Republik tercinta. Doa kami menyertai tiap derap langkahmu. (JR)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *