SEMANGAT, 14.548 Tenaga Kesehatan di Maluku Siap Divaksin

by
Aparat Polda Maluku dan Dinas Kesehatan Maluku mengamankan vaksin covid-19 yang tiba di Kargo Bandara Pattimura Ambon, Senin (4/1/2021). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Provinsi Maluku akhirnya menerima jatah vaksin covid-19.  Sebanyak 15.120 vaksin covid-19 untuk Maluku yang dikirim Kementerian Kesehatan dari Jakarta tiba di Kota Ambon, Senin (4/1/2021).

Ribuan vaksin yang dikirim ini merupakan tahap pertama. Vaksin yang tiba di Bandara Pattimura Ambon langsung dibawa ke Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku  kawasan Karpang Ambon.

Loading…

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Kasrul Selang mengatakan, pemberian vaksin untuk Maluku ini akan dibagikan dalam dua tahap. Tahap pertama diutamakan untuk tenaga kesehatan di Maluku.

“Hingga saat ini tenaga kesehatan di seluruh kabupaten kota di wilayah Maluku yang terdata untuk menerima vaksin sebanyak 14.548 orang, mereka menjadi sasaran utama divaksin,” kata Kasrul saat meninjau vaksin covid di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Maluku.

Sedangkan untuk tahap kedua, kata Kasrul, vaksin akan diberikan kepada tenaga yang melayani masyarakat secara langsung, termasuk aparat keamanan, dan pihak yang menjadi garda terdepan penanganan covid-19.

Kasrul yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19 Maluku ini mengatakan, tugas pihaknya akan mendistribusikan vaksin ke Kabupaten Kota di Maluku. Setelah itu, pemerintah kabupaten dan kota yang akan bertugas melakukan vaksin.

“Tenaga kesehatan yang melakukan vaksin sudah dilatih oleh Kemenkes, mereka siap melakukan vaksinasi,” jelas Kasrul.

Kasrul mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku saat ini juga sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan vaksin. “Tenaga kesehatan juga sudah melakukan pelatihan untuk melakukan vaksin secara massal kepada masyarakat.

“Kita berharap untuk dukungan dari seluruh masyarakat Maluku untuk pemberian vaksin tersebut,” ungkapnya.(Nair Fuad)